Frequently Asked Questions (FAQ)*

*FAQ dapat berubah sewaktu-waktu sesuai pengembangan produk

Pertanyaan Umum

Apakah itu rekening SOBATKU?

SOBATKU atau “Simpanan Online Sahabatku” adalah rekening simpanan online berbasis aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Nomor handphone Kamu menjadi nomor rekening SOBATKU.

 

Apa saja yang dapat dilakukan dengan memiliki SOBATKU?

Dengan memiliki SOBATKU kamu bisa:

  • Nabung dengan cara transfer melalui ATM/ M-Banking/ Internet Banking.
  • Nabung/setor tunai dan tarik tunai di ALFA
  • Transfer ke nomor HP teman Kamu yang belum mendaftar SOBATKU.
  • Transfer ke rekening Bank.
  • Transfer ke rekening sesama SOBATKU lainnya.
  • Transfer terjadwal dan berkala.
  • Cek saldo SOBATKU dan poin SOBATKU Kamu (poin bulanan, poin promo dan poin Grand Prize).
  • Melihat laporan mutasi transaksi SOBATKU.
  • Mengikuti program undian milyaran rupiah yang diundi setiap bulan dan grandprize Rp 100 juta untuk 1 pemenang + 4 paket umrah untuk 4 pemenang setiap 3 (tiga) bulan sepanjang tahun.
  • Membeli pulsa, token listrik, top up GOPAY,dan pembelian biller lainnya.
  • Membayar listrik, telepon rumah, PDAM, BPJS kesehatan, dan pembayaran biller lainnya.
  • Belanja online
  • Belanja offline dengan QR Code (Pembayaran ALFA dan pembayaran merchant yang sudah bekerjasama dengan SOBATKU)
  • Pembayaran tiket kereta api (PT. KAI)
  • Pembayaran parkir
  • Donasi melalui SOBAT PEDULI
  • Pembelian asuransi CIGNA

 

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati sebagai Pengguna SOBATKU?

  • Aman dalam setiap transaksi. SOBATKU hanya dapat diakses menggunakan PIN, Memiliki One Time Password (OTP), dan pertanyaan keamanan dengan jawaban.
  • Praktis,nomor handphone Kamu adalah nomor rekening akun SOBATKU Kamu tanpa Kamu harus datang ke kantor cabang untuk melakukan registrasi.
  • Gratis, tanpa biaya admin bulanan.
  • Cepat,Kamu bisa bertransaksi cepat hanya dengan smartphone di tanganmu.
  • Mudah, semua provider dapat digunakan untuk mendownload dan melakukan registrasi akun SOBATKU, bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

 

Apakah SOBATKU sama dengan e-money atau e-wallet ?

Tidak sama, karena:

  • SOBATKU merupakan simpanan/tabungan atas nama seseorang. Sedangkan e-money atau e-wallet merupakan dana yang dapat digunakan oleh siapa saja pembawa kartu e-money atau e-wallet  tersebut.
  • SOBATKU dibuka berdasarkan data KTP, sedangkan e-money/e-wallet dapat dibeli atau diisi tanpa persyaratan data KTP.
  • SOBATKU mendapat bunga simpanan. Sedangkan e-money/e-wallet tidak mendapat bunga simpanan.

Siapa yang mengelola rekening SOBATKU?

Rekening SOBATKU merupakan produk simpanan yang dikelola oleh Koperasi Simpan Pinjam  (KSP) Sahabat Mitra Sejati yang biasa disebut Sahabat UKM (S-UKM) berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jenderal Sudirman Kav 45 Jakarta Selatan.

KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan KSP Primer dengan wilayah keanggotaan lintas daerah Provinsi.

KSP Sahabat Mitra Sejati dikelola oleh pengurus yang profesional. KSP Sahabat Mitra Sejati yang memulai kegiatan simpan pinjam pada tahun 2009 saat ini telah memiliki lebih dari 120 cabang yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

KSP Sahabat Mitra Sejati senantiasa berusaha untuk memberikan keamanan dan pelayanan terbaik untuk setiap Pengguna SOBATKU

Apa syarat pembukaan rekening SOBATKU?

Syarat pembukaan rekening SOBATKU:

  • Warga Negara Indonesia, memiliki KTP dan terdaftar sebagai calon anggota/anggota (SOBATKU Membership).
  • Menggunakan smartphone untuk registrasi.
  • Nomor handphone (HP) harus aktif (tidak terblokir & tidak expired) untuk bisa menerima SMS OTP (One Time Passsword) ataupun SMS pemberitahuan lainnya.


Namun, apakah Pengguna HP non-smartphone dapat memiliki rekening SOBATKU?

Bisa.

Pengguna HP non-smartphone tetap dapat menggunakan fasilitas SOBATKU dengan cara registrasi  nomor Kamu di aplikasi SOBATKU pada smartphone milik teman. Pengguna dapat memiliki Akun SOBATKU sendiri walaupun menggunakan aplikasi SOBATKU di handphone temanmu. Kode verifikasi akan tetap dikirim ke nomor handphone Kamu yang sudah terdaftar SOBATKU. Pastikan Kamu menjaga kerahasian PIN, kode OTP (One Time Password) dan pertanyaan rahasia yang merupakan tanggung jawab pribadi.

 

Bagaimana cara membuka rekening SOBATKU?

Cara membuka rekening SOBATKU:

  1. Download Aplikasi melalui Google Playstore dan Apps Store di smartphone Kamu
  2. Proses registrasi, wajib mengisi data dan langkah-langkah berikut :
    • Nama Lengkap Sesuai KTP
    • No Handphone
    • Alamat Email
    • Tanggal lahir
    • PIN (6 digit), konfirmasi PIN
    • Pertanyaan keamanan beserta jawabannya
    • Nomor KTP
    • Upload KTP
    • Upload Foto Diri Memegang KTP
    • Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
    • Nama Ibu KandungBerikut adalah Field  registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :
    • Kode Referal (opsional)
    • NPWP (opsional)
  1. Data registrasi akan diverifikasi ke sistem Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) yaitu mencocokan data Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK dan Nama Ibu Kandung yang diinput pada aplikasi dengan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK, dan Nama Ibu Kandung yang terdaftar di sistem DUKCAPIL.
  2. Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi KYC atas foto KTP dan foto diri memegang KTP yang di upload pada aplikasi.
  3. Rekening SOBATKU akan diaktivasi maksimal 1 (satu) hari kerja setelah registrasi sukses.

Apakah penggunaan SOBATKU akan dikenakan pulsa ?

Penggunaan SOBATKU membutuhkan jaringan/koneksi internet, sehingga akan dikenakan pulsa pengaktifan data seluler/internet pada HP-nya. Kecuali bila Pengguna memakai wifi.

 

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup aplikasi SOBATKU?

  • Hubungi Kontak Sahabat 1500218 untuk melakukan penutupan rekening SOBATKU.
  • Menghubungi atau datang ke kantor cabang KSP Sahabat Mitra Sejati terdekat. Daftar kantor cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dapat dilihat di website www.sahabat-ukm.com
Registrasi

Data-data apa saja yang diperlukan saat melakukan registrasi SOBATKU ?

Pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas diri, yaitu :

  1. Nama Lengkap Sesuai KTP
  2. No Handphone
  3. Alamat Email
  4. Tanggal lahir
  5. PIN (6 digit), konfirmasi PIN
  6. Pertanyaan keamananbesertajawabannya
  7. Nomor KTP
  8. Upload KTP
  9. Upload Foto Diri Memegang KTP
  10. Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
  11. Nama Ibu Kandung

Berikut adalah Field  registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :

  • Nomor NPWP
  • Referral Code (Kode Referal)


Berapa kali nasabah dapat melakukan edit data diri jika hasil verifikasinya tidak sesuai ?

Nasabah diberikan kesempatan 2x (dua kali) untuk melakukan perbaikan data registrasi yang tidak sesuai/tidak valid.

 

Apa yang terjadi apabila hasil verifikasi atas data foto (foto KTP dan foto diri memegang KTP) nasabah tidak sesuai ?

Nasabah akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi bahwa Nasabah wajib melakukan perbaikan data dengan melakukan upload ulang foto KTP dan atau foto diri memegang KTP. Jika selama 30 hari sejak registrasi nasabah tidak melakukan upload ulang maka akun SOBATKU akan ter-reject dan nasabah harus melakukan registrasi ulang.

 

Apa yang terjadi bila data E-KTP yang diinput tidak valid atau tidak sesuai pada saat registrasi ?

Nasabah akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi bahwa verifikasi Akun SOBATKU gagal dan nasabah dapat melakukan registrasi ulang.

 

Apa yang terjadi bila proses registrasi dan verifikasi telah berhasil/sukses dilakukan ?

Bila registrasi dan verifikasi sudah berhasil dilakukan, maka akun/rekening akan aktif dan Pengguna dapat melakukan hal berikut ini :

  • Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, dan Internet Banking), atau melalui gerai ALFA (Alfamart dan Alfa Express).
  • Saldo maksimal SOBATKU yang dimiliki adalah Rp 20.000.000,
  • Saldo maksimal SOBATKU Premium yang dimilki adalah Rp 10000.000,
  • Pengguna mendapatkan poin atas saldonya.
  • Dapat mengikuti undian jika saldo rata-rata minimal Rp 50.000 (detail ketentuan dapat dilihat di menu POIN DAN UNDIAN dan SYARAT KETENTUAN pada aplikasi SOBATKU)
  • Dapat melakukan transaksi lain seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan lain-lain.

 

Hal-hal apa saja yang menyebabkan download dan registrasi SOBATKU tidak berhasil dilakukan ?

  • Smartphone yang digunakan memiliki operating system (OS) Android dengan versi dibawah 4 dan operating system Apple (IOS) dibawah 9.0
  • Google Playstore yang digunakan versi lama. SOBATKU dapat diakses melalui google playstore dengan minimal versi 6.0.
  • SMS center operator sedang sibuk.
  • Pulsa internetKamu tidak memadai.
  • HP tidak terkoneksi dengan internet.
  • Gangguan jaringan.
  • Nomor handphone yang didaftarkan tidak aktif.
  • Operating system pada smartphone Kamu telah di root (Android) atau di jailbreak (Apple).
  • Penyebab lainnya.
Pengguna

Bagaimana jika nomor HP yang didaftarkan berbeda dengan nomor HP pada smartphone android yang Kamu gunakan ?

Tidak masalah. Nomor HP yang didaftarkan pada SOBATKU tidak harus sama dengan nomor pada HP  yang Kamu gunakan, dengan catatan nomor yang didaftarkan harus aktif karena setiap melakukan transaksi akan masuk OTP (One Time Password) ke nomor HP yang didaftarkan.

 

Bagaimana jika ganti nomor HP ?

Tidak masalah, Kunjungi kantor cabang terdekat dengan membawa KTP dan surat pernyataan perubahan nomor HP, lalu  ajukan perubahan nomor HP . Tim kantor cabang akan melakukan proses verifikasi, setelah itu tim kantor cabang akan email picsobatku@sahabat-ukm.com. Data yang diterima oleh PICSOBATKU akan diverifikasi kembali. Jika data sudah sesuai maka akan dilakukan perubahan nomor HP dan nasabah akan diinformasikan oleh tim kantor cabang dan saldo yang ada di nomor HP lama akan pindah ke nomor HP baru.

Catatan: Nomor HP yang sudah diganti tidak dapat digunakan kembali untuk registrasi SOBATKU.

 

Apakah 1 (satu)orang atau 1 (satu) KTP bisa membuka beberapa nomor rekening SOBATKU ?

Bisa.
Satu orang atau 1 (satu) KTP dapat membuka maksimal 5 (lima) rekening SOBATKU dengan 5 (lima) nomor HP yang berbeda.

 

Apakah 1 (satu) orang atau 1 (satu) KTP bisa membuka beberapa nomor rekening SOBATKU Premium?

Tidak bisa.
Satu orang hanya bisa membuka 1 (satu) rekening SOBATKU Premium dengan 1 (satu) KTP.

 

Bagaimana cara mendaftar SOBATKU lebih dari 1 nomor rekening ?

Jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun/rekening SOBATKU dan kamu ingin daftar kembali dengan nomor yang berbeda, maka beberapa langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Isi data registrasi SOBATKU (Pastikan Nama Lengkap, Alamat Email, Tanggal Lahir dan Nomor KTP sama seperti akun/rekening SOBATKU sebelumnya/yang pernah diregistrasikan)
  • Upload foto KTP dan upload foto diri memegang KTP
  • Kode token verifikasi (OTP) akan terkirim masuk ke nomor akun SOBATKU yang pernah diregistrasikan (akun pertama). Input kode token (OTP) tersebut pada layar aplikasi.
  • Selanjutnya, akan masuk kode token (OTP) kedua yang masuk ke nomor akun SOBATKU yang sedang diregistrasikan.
  • Proses registrasi selesai dan rekening SOBATKU aktif.

 

 

Apakah 1 nomor HP dapat membuka beberapa nomor rekening SOBATKU ?

Tidak bisa.
Satu nomor HP hanya dapat membuka 1 (satu) rekening SOBATKU.

 

Kenapa harus verifikasi email?

Verifikasi email perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa email yang didaftarkan adalah milik Kamu. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi email:

Pengguna baru:

  • Pengguna masuk ke menu “Daftar” pada aplikasi SOBATKU
  • Pengguna harus mengisi data diri dengan lengkap
  • Setelah mengisi data diri lengkap, pengguna harus menyelesaikan proses registrasi
  • Selanjutnya,Klik link yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan SOBATKU.

 

Pengguna lama:

  • Pengguna login ke akun SOBATKU
  • Pengguna masuk ke menu “Akun Saya”
  • Pengguna menekan tombol “Verifikasi Email” yang ada di menu “Akun Saya”
  • Selanjutnya, Klik link yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan SOBATKU.

 

Bagaimana cara menjadi SOBATKU Premium?

Untuk meningkatkan  status menjadi SOBATKU  Premium, maka Pengguna harus memiliki :

  1. Nomor Rekening Pengguna di Bank Sahabat Sampoerna dan atau
  2. Rekening Simpanan Pengguna di Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati selain nomor S

 

Dan lengkapi data tambahan seperti :

  1. Sumber Dana
  2. Nominal Penghasilan per Bulan
  3. Pekerjaan
  4. Jabatan
  5. Tujuan Pembukaan Rekening

 

Apa keuntungan menjadi SOBATKU Premium?

  1. Saldo maksimal 100 Juta
  2. Tidak ada biaya admin atau biaya tambahan lainnya
  3. Mendapatkan promo cash back lebih besar di merchant – merchant tertentu yang bekerjasama dengan SOBATKU.
  4. Berkesempatan mengikuti program menarik dengan total hadiah langsung ratusan juta rupiah.

Info program yang dapat diikuti dapat dilihat di website SOBATKU  www.sobatku.co.id

Fitur

Bagaimana cara melakukan setoran awal atau top up ke rekening SOBATKU ?

  • Transfer melalui ATM/M-Banking/Internet Banking dengan kode bank 523 Bank Sahabat Sampoerna dan gunakan nomor rekening virtual account.
  • Setor uang tunai di ALFA (gunakan nomor handphone sebagai nomor rekening). Jam layanan ALFA mulai pukul 07.00 – 21.00*
  • Setor uang tunai di ALFA hanya dapat dilakukan oleh pemilik rekening SOBATKU

*) keterangan:
Tergantung dari jam operasional masing-masing cabang ALFA dan terkait dana tergantung dari ketersediaan dana tunai di masing-masing cabang ALFA. Apabila pada salah satu cabang ALFAtidak tersedia dana maka dapat melakukan tarik tunai pada cabang ALFAlainnya.

 

Bagaimana cara melakukan tarik tunai di ALFA?

Tarik Tunai melalui ALFA  dapat dilakukan dengan cara :

  • Kunjungi gerai ALFA terdekat. Jam layanan Alfa mulai pukul 07.00 – 21.00*
  • Ajukan permintaan tarik tunai Kamu melalui layanan “Top Up Loket Sahabat” kepada petugas kasir
  • Sebutkan nomor rekening SOBATKU milikmu (nomor HP Kamu) dan nominal tarik tunai.
  • Kamu akan menerima 6 digit OTP (One Time Password) melalui SMS pada nomor HP Kamu.
  • Informasikan 6 digit OTP (One Time Password) tersebut pada petugas kasir.
  • Tarik tunai sukses, cek saldo SOBATKU dan petugas kasir akan memberikan uang sejumlah nominal tarik tunai.
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi pada emailmu bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

*) keterangan : Tergantung dari jam operasional masing-masing cabang ALFA dan terkait dana tergantung dari ketersediaan dana tunai di masing-masing cabang ALFA. Apabila pada salah satu cabang ALFA tidak tersedia dana maka dapat melakukan tarik tunai pada cabang ALFA lainnya.

 

Bagaimana apabila di beberapa daerah/kota tidak terdapat cabang ALFA untuk melakukan tarik tunai ?

Penarikan tunai darurat dapat dilakukan melalui  transfer ke rekening Bank Kamu dengan cara  sebagai berikut :

  • Login SOBATKU Kamu
  • Pilih menu transfer
  • Pilih menu transfer ke rekening bank
  • Pilih bank tujuan
  • Input nomer rekekning tujuan
  • Input nominal transfer
  • Input PIN
  • Klik tombol transfer dan akan muncul bukti transaksi pada aplikasi
  • Dan Kamu akan mendapatkan notifikasi pada emailmu bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

 

Apakah rekening SOBATKU mendapat bunga?

Rekening SOBATKU mendapat bunga sebesar 1% per tahun, dari saldo harian rata-rata. Berlaku untuk semua saldo simpanan yang ada di rekening SOBATKU.

 

Apa itu Referral Code ?

Referral code merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari kombinasi alfanumerik dan berfungsi untuk menandakan siapa yang mereferensikan untuk menjadi Pengguna SOBATKU (Member get Member). Dimana Pengguna existing dan Pengguna baru akan mendapatkan keuntungan dari referral code tersebut (program promo/poin/insentif/dll). Referral code dapat digunakan oleh :

  • Pengguna Existing à input referral code pada field di menu AKUN SAYA melalui UBAH PROFILE
  • Pengguna Baru à input referral code pada saat registrasi.

 


Bagaimana membuat Referral Code ?

Kamu bisa membuat referral code dengan mengisi form di link bit.ly/KodeReferal. Setelah mengisi online form tersebut, tim SOBATKU akan membuatkan kode referal sesuai yang kamu ajukan. Kode referal akan aktif maksimal 2 (dua) hari kerja sejak pengisian form.

 

Bagaimana jika Kamu transfer ke nomor HP teman yang belum menggunakan smartphone?

Teman Kamu dapat melakukan registrasi nomor HP nya pada aplikasi SOBATKU melalui HP smartphone lain. Setelah rekening SOBATKU berhasil teregistrasi, uang yang Kamu kirim akan masuk ke rekening SOBATKU milik teman Kamu tersebut.

 

Berapa lama uang akan kembali jika menggunakan menu Transfer ke Nomor HP, namun penerima tidak melakukan registrasi ?

Uang yang dikirim akan real time kembali ke rekening SOBATKU pengirim jika penerima dana SOBATKU tidak melakukan registrasi selama 7 (hari).

Keamanan

Apakah SOBATKU aman ?

Security aplikasi SOBATKU dilengkapi dengan:

  • Personal Identification Number (PIN).
  • One Time Password (OTP).
  • Pertanyaan keamanan beserta jawabannya.

Untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak lain. Hindari pembuatan PIN menggunakan tanggal lahir dan kombinasi angka tertentu yang mudah ditebak orang lain, dan pastikan PIN SOBATKU milik Kamu tidak diketahui oleh siapapun.

 

Bagaimana jika pada smartphone dilakukan rooting/jailbreak system ?

Jika pada smartphone yang Kamu gunakan telah dilakukan rooting/jailbreak system maka aplikasi SOBATKU hanya dapat di download dan install namun tidak dapat melakukan registrasi rekening SOBATKU.Kamu tetap dapat melakukan registrasi SOBATKU menggunakan smartphone lain milik teman/kerabat/keluarga, dengan catatan smartphone tersebut tidak di rooting/jailbreak.

 

 Bagaimana jika lupa PIN ?

Lakukan reset PIN dengan cara :

  • Masuk ke menu LUPA PIN saat awal login
  • Masukan nomor HP Kamu dan pilih pertanyaan keamanan beserta masukkan jawabannya.
  • Masukan kode konfirmasi OTP (one time password) yang terkirim ke nomor handphone mu.
  • Proses perubahan PIN berhasil dilakukan. Kamu akan mendapatkan notifikasi pada HP yang terdaftar.

 


Bagaimana jika lupa security question – answer (pertanyaan & jawaban keamanan)?

  • Hubungi Kontak Sahabat di nomor 1500218 atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.com
  • Tim SOBATKU akan memproses permintaan untuk reset pertanyaan keamanan beserta jawabannya.
  • Kamu akan menerima PIN baru yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan saat registrasi.
  • Login kembali menggunakan PIN baru tersebut.
  • Pilih pertanyaan keamanan dan input jawaban keamanan yang Kamu inginkan.
  • Kode token/OTP akan dikirimkan ke nomormu sebagai kode konfirmasi.
  • Input kode token tersebut pada aplikasi SOBATKU.
  • Perubahan security question – answer (pertanyaan dan jawaban keamanan) berhasil dilakukan.

 

Bagaimana jika HP hilang?

Terdapat 2 alternatif pilihan jika HP hilang, yaitu :

A. Nomor HP lama ingin tetap digunakan

    1. Ganti PIN
    • Lakukan login dengan nomor HP lama/hilang di smartphone yang ada aplikasi SOBATKU.
    • Masuk ke menu Setting> Ubah PIN kemudian lakukan pergantian PIN.
    • Pengguna mengurus kartu baru dengan nomor HP yang lama/hilang agar kamu tetap bisa bertransaksi.

 

    1. Blokir rekening SOBATKU untuk sementara.
    • Blokir rekening SOBATKU dengan menghubungi Kontak Sahabat 1500218Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk diverifikasi.
    • Pengguna mengurus kartu baru dengan nomor HP lama/hilang.
    • Hubungi Kontak Sahabat dan lakukan permintaan pembukaan blokir rekening SOBATKU ke Kontak Sahabat 1500218

 

B. Mengganti nomor HP

Kunjungi kantor cabang Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati terdekat dengan membawa KTP dan surat pernyataan perubahan nomor HP, lalu  ajukan perubahan nomor HP. Tim kantor cabang akan melakukan proses verifikasi, setelah itu tim kantor cabang akan email picsobatku@sahabat-ukm.com. Data yang diterima oleh PICSOBATKU akan diverifikasi kembali. Jika data sudah sesuai maka akan dilakukan perubahan nomor HP dan nasabah akan diinformasikan oleh tim kantor cabang dan saldo yang ada di nomor HP lama akan pindah ke nomor HP baru.

Informasi lokasi kantor Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati  dapat dilihat di www.sahabat-ukm.com .

 

Bagaimana jika akun SOBATKU terblokir dikarenakan salah input PIN 3x sehingga Pengguna tidak dapat login?

Kamu dapat akses menu LUPA PIN dan lakukan prosesnya sesuai menu tersebut agar dapat login kembali dan menggunakan SOBATKU.

 

Bagaimana jika login di beda device?

Jika Kamu login di device yang berbeda, kamu bisa login dengan input nomer SOBATKU dan PIN Kamu, lalu input kode OTP yang telah dikirim ke alamat email yang terdaftar SOBATKU Kamu.

Biaya dan Transaksi

Berapa saldo minimum dan saldo maksimum rekening SOBATKU?
Ketentuannya:

  1. Saldo Minimum tidak dibatasi atau boleh Nihil (Rp 0)
  2. Saldo SOBATKU maksimum dibatasi Rp 20.000.000,-
  3. Saldo SOBATKU Premium maksimum dibatasi Rp 100.000.000.-

Apakah rekening SOBATKU dikenakan biaya administrasi ?
Rekening SOBATKU bebas dari biaya administrasi.

Biaya apa saja yang dibebaskan untuk rekening SOBATKU ?
Biaya transaksi SOBATKU yang dibebaskan adalah :

  • Nabung/Setor tunai di ALFA
  • Tarik tunai di ALFA
  • Transfer ke sesama Pengguna SOBATKU
  • Transfer nomor HP teman
  • Biaya SMS notifikasi: OTP(One Time Password)
  • Notifikasi atas transaksi gagal/berhasil

 

Bagaimana Kamu mengetahui transaksi Kamu berhasil atau tidak ?

Jika transaksi berhasil:
Maka akan muncul notifikasi pada alamat email yang digunakan saat registrasi SOBATKU.

Jika transaksi gagal:
Maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi gagal atau tidak dapat diproses. Atau lakukan pengecekan dengan cara :

  • Melihat pada laporan transaksi.
  • Melakukan permintaan salinan rekening yang akan dikirim melalui e-mail.

Jika transaksi timeout:
Akan dilakukan pengecekan pada sistem. Apabila dalam pengecekan, transaksi dengan  kondisi  timeout dan saldo terpotong, maka akan dilakukan pengembalian saldo dalam waktu maksimal 3 hari kerja.

Apabila saldo belum dikembalikan pada waktu yang ditentukan, silahkan hubungi picsobatku@sahabat-ukm.com

Apa yang harus dilakukan bila rekening SOBATKU terdebet namun transaksi gagal, atau terdebet 2x atas transaksi yang sama ?

  1. Lakukan pengecekan mutasi dengan cara:
    • Cek pada menu Laporan Transaksi SOBATKU, atau
    • Lakukan permintaan Salinan Rekening pada aplikasi SOBATKU.
  2. Hubungi Kontak Sahabat di nomor 1500218 apabila ada transaksi yang tidak sesuai.


Apakah terdapat limit transaksi dalam menggunakan SOBATKU ?

Ada.
Beberapa limit transaksi menggunakan SOBATKU & SOBATKU Premium ialah sebagai berikut :

No FITUR LIMIT TRANSAKSI LIMIT TRANSAKSI SOBATKU PREMIUM
1. Maksimum Saldo Rp. 20.000.000 Rp. 100.000.000
2. Menabung/Top-up
Minimum nominal top-up per transaksi Rp. 10.000 Rp. 10.000
3. Transfer sesama SOBATKU
Minimum nominal transfer per transaksi Rp. 1.000 Rp. 1.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 30 30
Maksimum frekuensi transfer per bulan 300 300
Maksimum total nominal transfer per hari Rp. 50.000.000 Rp. 50.000.000
4. Transfer ke Rekening Bank
Minimum nominal transfer per transaksi Rp. 10.000 Rp. 10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp. 5.000.000 Rp. 5.000.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 10 10
Maksimum total nominal transfer per hari Rp. 15.000.000 Rp. 25.000.000
5. Transfer ke No HP
Minimum nominal transfer per transaksi Rp. 10.000 Rp. 10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000
6. Setor tunai ALFA
Minimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi Rp. 50.000 Rp. 50.000
Maksimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi Rp. 1.000.000 Rp. 1.000.000
Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per hari 3 3
Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per bulan 100 100
Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per hari Rp. 3.000.000 Rp. 3.000.000
Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per bulan Rp. 150.000.000 Rp. 150.000.000
7 Setor tunai ALFA
Minimal nominal tarik tunai di toko  Alfa per transaksi Rp. 50.000 Rp. 50.000
Maksimal nominal tarik tunai di toko Alfa per transaksi Rp. 500.000 Rp. 500.000
Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per hari 10 10
Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per bulan 150 150
Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per hari Rp. 3.000.000 Rp. 3.000.000
Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per bulan Rp. 150.000.000 Rp. 150.000.000

Apakah terdapat biaya-biaya transaksi dalam menggunakan SOBATKU ?
Ada. Beberapa info biaya-biaya transaksi menggunakan SOBATKU & SOBATKU Premium ialah sebagai berikut;

No FITUR BIAYA TRANSAKSI
1. Menabung/Top-up melalui:
– ATM/Internet Banking Bank Sahabat Sampoerna Rp. 0
– ATM/M-Banking/Internet Banking Jaringan Prima/Bersama Sesuai biaya transfer jaringan prima/bersama
2. Transfer ke Rekening Bank
– Tujuan Bank Sahabat Sampoerna Rp. 0
– Tujuan Bank Jaringan Prima Rp. 4.000
3. Transfer Sesama SOBATKU
Rp. 0
4. Transfer ke No HP
Rp. 0
5. Setor tunai ALFA (Disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat) Rp. 0
6. Tarik tunai ALFA (Disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat) Rp. 0
7. Pembayaran Biller
– Pembayaran PLN Listrik Rp. 750
– Pembayaran PLN Non Tagihan Listrik Rp. 750
– Pembayaran Telkom (Telepon Rumah) Rp. 1.000
– Pembayaran Internet Speedy Rp. 1.000
– Pembayaran PDAM Rp. 1.200 – Rp. 2.500
*Tergantung dari PDAM kota yang dipilih
– Pembayaran TV Berbayar (Indovision, Okevision, Top TV, dan Tren TV) Rp. 0
– Pembayaran TV Berbayar (Transvision dan Yes TV) Rp. 1.000
– Pembayaran HP Pasca Bayar (Kartu Halo, Smartfren dan Indosat Matrix) Rp. 0
– Pembayaran Net 1 Rp. 0
– Pembayaran KAI Rp. 0
– Pembayaran BPJS kesehatan Rp. 0
– Pembelian Pulsa: Rp. 0
Indosat : nominal 5.000 & 25.000
Indosat : nominal 10.000
Indosat : nominal 50.000 & 100.000
Smartfren : nominal 5.000 & 10.000
Smartfren : nominal 25.000 – 300.000
Three : nominal 5.000 & 10.000
Three : nominal 20.000 – 300.000
Telkomsel : nominal 5.000 – 20.000
Telkomsel : nominal 25.000
Telkomsel : nominal 50.000 – 300.000
XL : nominal 5.000 & 10.000
XL : nominal 25.000 – 300.000
Net 1 : nominal 50.000 – 500.000
Rp 1.000
Rp 1.500
Rp 0
Rp 1.000
Rp 0
Rp 1.000
Rp 0
Rp 1.000
Rp 200
Rp 0
Rp 1.000
Rp 0
Rp 0
– Top Up GOPAY Rp. 1.000 – Rp. 1.300

*) Biaya Transaksi Dapat Berubah Sewaktu-waktu

Produk Asuransi
CIGNA

Pihak manakah yang mengeluarkan dan menjamin produk asuransi ini?
Pihak yang mengeluarkan dan menjamin produk asuransi Cigna ProGuard adalah PT Asuransi Cigna.

Apakah Asuransi Cigna ProGuard?
Asuransi Cigna ProGuard adalah program asuransi yang memberikan manfaat meninggal dunia atau ketidakmampuan total karena kecelakaan, manfaat biaya pengobatan karena kecelakaan (Medex) dan manfaat rawat inap rumah sakit karena kecelakaan.

Siapa saja yang dapat mengikuti program ini?
Cigna ProGuard ditujukan kepada seluruh Anggota/ Calon Anggota KSP Sahabat Mitra Sejati yang memiliki aplikasi SOBATKU dan yang menyatakan setuju direferensikan produk PT Asuransi Cigna dengan rentang usia 18 – 64 tahun.

Kapan saya mulai efektif dilindungi oleh program asuransi ini?
Perlindungan terhadap Asuransi Cigna ProGuard akan mulai efektif sejak premi berhasil terdebet dari saldo aplikasi SOBATKU Bapak/Ibu dan telah disetujui oleh PT Asuransi Cigna.

Berapa premi yang akan dikenakan untuk mengikuti program Cigna ProGuard?

Untuk Masa Asuransi 1 Minggu :

Usia 18 – 55 tahun Usia > 55 tahun
Rp. 7.000 Rp. 14.000

Untuk Masa Asuransi 1 Bulan :

Usia 18 – 55 tahun Usia > 55 tahun
Rp. 20.000 Rp. 32.000

Untuk Masa Asuransi 1 Tahun :

Usia 18 – 55 tahun Usia > 55 tahun
Rp. 211.000 Rp. 336.000

 

Bagaimana mekanisme pembayaran premi Asuransi yang saya ikuti ini?
Premi Asuransi Cigna ProGuard akan dibayarkan secara sekaligus dan diproses melalui pendebetan dari saldo SOBATKU.

Jika Anggota / Calon Anggota bertanya mengenai benefit atau ingin mempelajari benefit yang diperoleh?
Manfaat dari produk Cigna ProGuard yang dapat dipilih adalah :

Untuk Masa Asuransi 1 (satu) Minggu:

Manfaat Limit Manfaat
Meninggal Dunia karena kecelakan Rp. 50.000.000
Biaya Pengobatan Aktual karena kecelakaan (medex) Rp. 500.000
(maks per polis)

Untuk Masa Asuransi 1 (satu) Bulan:

Manfaat Limit Manfaat
Meninggal Dunia karena kecelakan Rp. 50.000.000
Biaya Pengobatan Aktual karena kecelakaan (medex) Rp. 1.500.000
(maks per polis)
Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan RP 300.000/ hari
(maks 20 hari per tahun polis)

Untuk Masa Asuransi 1 (satu) Tahun:

Manfaat Limit Manfaat
Meninggal Dunia karena kecelakan Rp. 100.000.000
Biaya Pengobatan Aktual karena kecelakaan (medex) Rp. 3.000.000
(maks per polis)
Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan Rp. 500.000/ hari
(maks 20 hari per tahun polis)

 

Berapa lama Tertanggung mendapatkan manfaat Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan?
Manfaat Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan maksimal 20 (dua puluh) hari/tahun polis selama perlindungan masih aktif.

Untuk manfaat Biaya Pengobatan karena kecelakaan berapa yang dapat diklaim?
Untuk Manfaat Biaya Pengobatan karena kecelakaan akan dibayarkan berdasarkan biaya aktual dari biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan karena kecelakaan, dengan maksimal sebesar manfaat yang tercantum pada ikhtisar polis.

Apakah Tertanggung dapat mengajukan klaim kembali, jIka pernah menerima manfaat produk Cigna ProGuard tetapi belum berakhir Masa Asuransinya?
Selama dalam Masa Asuransi, jika limit yang dimiiki masih tersisa, dan manfaat meninggal dunia dari Produk Cigna ProGuard ini belum diterima maka Tertanggung diperbolehkan mengajukan klaim kembali.

Apakah ada proses seleksi risiko/underwriting customers untuk program Asuransi?
Tidak ada seleksi underwriting untuk Produk ini.

Bagaimanakah ketentuan Free Look Period pada program Asuransi ini?
Untuk Masa Asuransi 1 minggu dan 1 Bulan tidak ada Free Look Period, untuk Masa Asuransi 1 tahun Free Look Period 14 hari setelah Polis diterima.

Bagaimanakah ketentuan masa tenggang pembayaran premi lanjutan (grace period) pada program Asuransi ini?
Tidak ada masa tenggang pembayaran premi lanjutan (grace period), dikarenakan premi dibayarkan sekaligusuntuk Produk ini.

Apa yang harus saya lakukan untuk menggunakan manfaat dari produk?
Untuk menggunakan manfaat dari produk Cigna ProGuard, ketika terjadi risiko, Bapak/Ibu dapat melengkapi formulir dan dokumen yang dibutuhkan untuk proses klaim, yaitu :

A. Dokumen klaim untuk Manfaat Meninggal Dunia atau Ketidakmampuan Total:

  • Formulir klaim meninggal dunia atau ketidakmampuan total yang telah diisi dengan lengkap dan benar;
  • Fotokopi kartu identitas diri dan ahli waris (KTP/SIM/Paspor) dan fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  • Asli atau fotokopi legalisir Surat Kematian dari Pemerintah Daerah Setempat atau Akta Kematian dari Catatan Sipil dan Surat Kematian dari Rumah Sakit (Jika Meninggal Dunia di Rumah Sakit)
  • Surat keterangan asli dari Kepolisian apabila meninggal dunia karena kecelakaan atau kematian yang tidak wajar

 

B. Dokumen klaim untuk Manfaat Biaya Pengobatan (Medex) dan Rawat Inap Rumah sakit (HIP Accident) :

  • Formulir klaim kesehatan yang telah diisi dengan lengkap dan benar
  • Kuitansi asli/Legalisir atas Biaya Pengobatan.
  • Dokumen tersebut dikirimkan ke:
    PT. Asuransi Cigna
    Jl. HR. Rasuna Said Kav. 10
    Jakarta 12950

 

Kemana saya harus melapor jika saya ada complain atau untuk proses klaim?
Untuk melapor bapak/ibu dapat menghubungi Cigna Contact Center di, 1-500-033 sementara untuk proses klaim selain datang langsung ke walk-in, proses tersebut bisa juga dilakukan dengan mengirimkan data klaim ke alamat
Surat :
PT Asuransi Cigna
Cigna @ Tempo Pavilion 2
Jl. HR Rasuna Said, Kav 10
Jakarta 12950

Jika saya mau mengajukan klaim, bagaimana prosesnya?
Untuk proses klaim dapat menghubungi :

Cigna Contact Center nomor : 1-500-033
Email :  SIAP@Cigna.com
Front Line : Cigna @ Tempo Pavilion 2, Jl. HR Rasuna Said Kav 10, Jakarta 12950

Untuk menanyakan prosedur klaim, mendapatkan formulir klaim dan mengajukan dokumen klaim

Bagaimana cara saya memperoleh formulir klaim?
Untuk memperoleh form klaim Bapak/Ibu dapat request melalui customer service kami dengan cara:

  • Menghubungi Cigna Contact Center di no 1-500-033
  • Email di : SIAP@Cigna.com
  • Atau datang langsung ke Frontline kami di alamat
    Cigna @ Tempo Pavilion 2
    Jl. HR Rasuna Said, Kav 10
    Jakarta 12950
  • Atau Bapak/Ibu saya bisa mengunduh form klaim yang harus diisi oleh Bapak/Ibu di website Cigna : www.Cigna.co.id
  • Dan untuk formulir tersebut akan dikirimkan kepada Bapak/Ibu melalui surat, email atau fax sesuai dengan yang Bapak/Ibu kehendaki

 

Kemana saya harus menyerahkan data untuk proses klaim?
Untuk pengajuan klaim, data/formulir yang sudah bapak/ibu lengkapi dapat bapak/ibu kirimkan melalui Pos ke :

PT Asuransi Cigna
Cigna @ Tempo Pavilion 2
Jl. HR Rasuna Said, Kav 10
Jakarta 12950

Berapa lama klaim saya diproses?
Bapak/Ibu untuk proses klaim sampai waktu pembayaran membutuhkan waktu 14 hari kerja dengan catatan dokumen lengkap.

Apa yang menyebabkan klaim saya tidak dibayarkan?
Kemungkinan penyebab klaim tidak dapat dibayarkan adalah peristiwa klaim yang diajukan terjadi sebelum Tanggal Mulai Berlakunya Asuransi atau sesudah periode masa pertanggungan/perlindungan,  termasuk ke dalam kondisi yang tidak dijamin/dikecualikan di dalam ketentuan program asuransi, atau dokumen tidak lengkap.

Apa saja yang menyebabkan proses klaim saya dibatalkan?
Penyebab klaim dibatalkan adalah jika dokumen klaim yang diajukan tidak lengkap dan telah melewati tenggang waktu kelengkapan dokumen klaim (30 hari sejak dokumen klaim pertama kali kami terima).

Jika saya baru dapat melanjutkan proses klaim setelah 30 hari dari proses pengajuan, bagaimana klaim saya?
Jika baru dapat melanjutkan proses klaim setelah 30 hari, silahkan mengajukan kelengkapan dokumen klaim dengan dilengkapi alasan keterlambatan pengajuan klaim atau kelengkapan dokumen klaim, klaim Bapak/Ibu akan kami proses kembali.

Apakah ada pengecualian yang bisa menyebabkan saya tidak mendapatkan manfaat dari Cigna ProGuard?
Untuk pengecualian manfaat yang menyebabkan tidak mendapatkan benefit dari Cigna ProGuard adalah :

  • Bunuh diri atau usaha sejenisnya, percobaan bunuh diri yang direncanakan baik dalam keadaan sadar atau tidak sadar, atau upaya-upaya melukai diri sendiri yang mengakibatkan meninggalnya atau Ketidakmampuan Total Tertanggung
  • Tertanggung melakukan atau ikut serta dalam tindakan melawan hukum Negara atau tindakan kriminal dimana tindakan tersebut dilakukan oleh Tertanggung;
  • Pekerjaan atau profesi yang berisiko dari Tertanggung, misalnya : militer, polisi, pemadam kebakaran, pertambangan atau pekerjaan/profesi lain dengan risiko tinggi ; atau olahraga/hobi Tertanggung yang mengandung bahaya, misalnya balap mobil, balap sepeda motor, pacuan kuda, terbang layang, mendaki gunung, tinju, gulat, termasuk olahraga atau hobi lain yang juga mengandung bahaya dan berisiko.
  • Semua kondisi akibat kecelakaan beserta komplikasinya yang sudah ada sebelum Tanggal Mulai Berlaku Asuransi.
  • Perawatan yang dijalani oleh Tertanggung di luar Rumah Sakit atau di luar klinik yang bekerja sama dengan BPJS

 

Berapa Maksimum Uang Pertanggungan yang dapat dimiliki per Tertanggung?
Untuk produk Cigna ProGuard, Maksimum Uang Pertanggungan yang dapat dimiliki per Tertanggung sebesar RP 100.000.000,- dalam satu periode Asuransi. Jika membeli Polis dengan Uang Pertanggungan RP 50.000.000, maka Tertanggung dapat membeli 2 Polis Cigna ProGuard dengan limit masing-masing manfaat yang dapat diakumulasikan dari kedua Polis tersebut.

Contoh:
Bapak A membeli 2 polis Cigna ProGuard yaitu 1 polis Mingguan dan 1 polis Bulanan, maka manfaat yang akan diterima jika terjadi klaim sebagai berikut:

 

Manfaat 1 Polis Mingguan 1 Polis Bulanan Manfaat Polis yang didapat jika terjadi klaim
Meninggal Dunia karena kecelakan Rp. 50.000.000 Rp. 50.000.000 Rp. 100.000.000 (dari kepemilikan 2 polis)
Biaya Pengobatan Aktual karena kecelakaan (medex) Rp. 50.000.000
(maks per polis)
Rp 1.500.000
(maks per polis)
Rp. 100.000.000 (dari kepemilikan 2 polis)
Rawat Inap Rumah Sakit karena kecelakaan Tidak Ada Rp 300.000/ hari
(maks 20 hari per tahun polis)
Rp 300.000/ hari
(maks 20 hari per tahun polis)
Simpanan Berjangka

Apa itu Simpanan Berjangka SOBATKU?
Simpanan Berjangka SOBATKU adalah produk simpanan SOBATKU yang memberikan imbal hasil dengan suku bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana Cara Membuat Simpanan Berjangka SOBATKU?

  • Pengguna login di aplikasi SOBATKU
  • Masuk ke menu ‘Simpanan Berjangka’
  • Klik ‘Buat Baru’
  • Pilih ‘Nominal’ untuk menentukan nominal yang akan dimasukkan Simpanan Berjangka SOBATKU, pilih ‘Tenor’ untuk menentukan jangka waktu pencairan, dan pilih ‘Instruksi Pencairan’ untuk menentukan opsi ARO (Automatic Roll Over) atau Non-ARO (Non – Automatic Roll Over).
    • Khusus untuk opsi ARO (Automatic Roll Over), akan muncul dua pilihan yaitu Saldo Pokok (Nilai Simpanan Berjangka yang akan diperpanjang adalah nominal pokok yang ditetapkan) dan Saldo Pokok + Bunga (Nilai Simpanan Berjangka yang akan diperpanjang adalah nominal pokok yang ditetapkan ditambah dengan perolehan suku bunga yang sudah didapatkan pada Simpanan sebelumnya). Pilih salah satu dari kedua opsi tersebut.
  • Klik ‘Lanjut’ untuk melanjutkan
  • Masukkan PIN dan klik ‘Buat Simpanan Berjangka
  • Masukkan kode OTP berdasarkan SMS yang diterima oleh nomor handphone yang terdaftar pada akun SOBATKU
  • Jika pembuatan Simpanan Berjangka SOBATKU berhasil, maka notifikasi akan muncul di layar handphone

 

Berapa Nominal Penempatan untuk Simpanan Berjangka SOBATKU?
Nominal penempatan untuk Simpanan Berjangka SOBATKU paling kecil adalah Rp5,000,000 dan paling besar adalah Rp100,000,000.

Berapa Lama Tenor yang Ditawarkan Simpanan Berjangka SOBATKU?
Ada beberapa opsi tenor yang disediakan oleh SOBATKU, yaitu: 1 Bulan, 3 Bulan, 6 Bulan, 12 Bulan, 15 Bulan, hingga 18 Bulan.

Berapa pajak yang harus dibayarkan pada Simpanan Berjangka SOBATKU?
Pajak yang ditawarkan untuk penghasilan bunga sampai dengan Rp240,000 adalah 0% (nol persen), sedangkan penghasilan bunga yang melebihi Rp240,000 akan dikenakan pajak sebesar 10% (sepuluh persen).

Apakah Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan sewaktu-waktu?
Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan saat jatuh tempo sesuai pilihan tenor. Jika proses pencairan dilakukan sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalty sebesar 0,5% dari pokok nominal simpanan yang dicairkan.

Apakah Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan oleh orang lain?
Simpanan Berjangka SOBATKU hanya dapat dicairkan oleh pemilik akun SOBATKU dan yang mengetahui PIN SOBATKU.

Dimana pemilik akun SOBATKU dapat melihat Advis?
Advis Simpanan Berjangka SOBATKU dapat diunduh melalui aplikasi SOBATKU.

Agen SOBATKU

Agen SOBATKU adalah agen resmi yang ditugaskan KSP Sahabat Mitra Sejati untuk memudahkan peminjam KSP dalam melakukan transaksi .

  • Agen SOBATKU melayani pembayaran angsuran KSP Sahabat Mitra Sejati.
  • Agen SOBATKU tersebar dimana-mana, sehingga memudahkan peminjam untuk membayar angsuran, dimana saja dan kapan saja.

 

Pastikan Kamu hanya melakukan pembayaran di agen resmi terdaftar. Kunjungi website www.sobatku.co.id untuk mengetahui lokasi agen SOBATKU terdekat dan social media SOBATKU untuk mendapatkan informasi terkini.