Frequently Asked Questions (FAQ)*

*FAQ dapat berubah sewaktu-waktu sesuai pengembangan produk

Pertanyaan Umum

Apakah itu rekening SOBATKU?

SOBATKU atau “Simpanan Online Sahabatku” adalah rekening simpanan online berbasis aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Nomor handphone Kamu menjadi nomor rekening SOBATKU.

Apa saja yang dapat dilakukan dengan memiliki SOBATKU?

Dengan memiliki SOBATKU kamu bisa:

  • Nabung dengan cara transfer melalui ATM/ M-BankingInternet Banking
  • Nabung/setor tunai dan tarik tunai di ALFA
  • Transfer ke nomor handphone
  • Transfer ke rekening Bank
  • Transfer ke sesama SOBATKU
  • Transfer grup
  • Transfer SKN
  • Transfer BI-FAST
  • Transfer terjadwal dan berkala
  • Bayar, beli dan top up biller
  • Cek saldo SOBATKU dan poin SOBATKU
  • Melihat laporan mutasi transaksi SOBATKU
  • Donasi melalui SOBAT PEDULI
  • Simpanan Berjangka

 

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati sebagai Pengguna SOBATKU?

  • Aman,dalam setiap transaksi. SOBATKU hanya dapat diakses menggunakan PIN, memiliki One Time Password (OTP), dan pertanyaan keamanan dengan jawaban.
  • Praktis, nomor handphone Kamu adalah nomor rekening akun SOBATKU Kamu tanpa harus datang ke kantor cabang untuk melakukan registrasi.
  • Cepat, Kamu bisa bertransaksi cepat hanya dengan smartphone di tanganmu.
  • Mudah, semua provider dapat digunakan untuk men-download dan melakukan registrasi akun SOBATKU, bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

 

Apakah SOBATKU sama dengan e-money atau e-wallet ?

Tidak sama, karena:

  • SOBATKU merupakan simpanan/tabungan atas nama seseorang. Sedangkan e-moneyatau e-wallet merupakan dana yang dapat digunakan oleh siapa saja pembawa kartu e-money atau e-wallet
  • SOBATKU dibuka berdasarkan data KTP, sedangkan e-money/e-walletdapat dibeli atau diisi tanpa persyaratan data KTP.
  • SOBATKU mendapat bunga simpanan. Sedangkan e-money/e-wallettidak mendapat bunga simpanan.

Siapa yang mengelola rekening SOBATKU?

Rekening SOBATKU merupakan produk simpanan yang dikelola oleh Koperasi Simpan Pinjam  (KSP) Sahabat Mitra Sejati yang biasa disebut Sahabat UKM (S-UKM) berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower, lantai 17, Jl Jenderal Sudirman Kav 45 Jakarta Selatan.

KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan KSP Primer dengan wilayah keanggotaan lintas daerah Provinsi.

KSP Sahabat Mitra Sejati dikelola oleh pengurus yang profesional. KSP Sahabat Mitra Sejati yang memulai kegiatan simpan pinjam pada tahun 2009 saat ini telah memiliki lebih dari 120 cabang yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

KSP Sahabat Mitra Sejati senantiasa berusaha untuk memberikan keamanan dan pelayanan terbaik untuk setiap Pengguna SOBATKU

Apa syarat pembukaan rekening SOBATKU?

Syarat pembukaan rekening SOBATKU:

  • Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Terdaftar sebagai anggota KSP Sahabat Mitra Sejati
  • Menggunakan smartphoneuntuk registrasi
  • Nomor handphone(HP) harus aktif (tidak terblokir & tidak expired) untuk bisa menerima SMS OTP (One Time Passsword) ataupun SMS pemberitahuan lainnya


Namun, apakah Pengguna HP non-smartphone dapat memiliki rekening SOBATKU?

Tidak bisa. Aplikasi SOBATKU hanya dapat di-download pada appstore dan playstore.

Bagaimana cara membuka rekening SOBATKU?

Cara membuka rekening SOBATKU:

  1. Download Aplikasi melalui Google Playstore dan Apps Store di smartphoneKamu
  2. Proses registrasi, wajib mengisi data dan langkah-langkah berikut :
    • Nama Lengkap Sesuai KTP
    • No Handphone
    • Alamat Email
    • Tanggal lahir
    • PIN (6 digit),konfirmasi PIN
    • Pertanyaan keamanan beserta jawabannya
    • Nomor KTP
    • Upload KTP
    • Upload Foto Diri Memegang KTP
    • Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
    • Nama Ibu Kandung
    • Upload foto tanda tangan basah sesuai dengan tanda tangan di KTP

Berikut adalah Field registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :

    • Kode Referal (opsional)
    • NPWP (opsional)
  1. Data registrasi akan diverifikasi sesuai dengan status keanggotaan KSP Sahabat Mitra Sejati dan sistem Kependudukan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) yaitu mencocokan data Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK dan Nama Ibu Kandung yang diinput pada aplikasi dengan Nama Lengkap, Tanggal Lahir, NIK, dan Nama Ibu Kandung yang terdaftar di sistem DUKCAPIL.
  2. Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi KYC atas foto KTP dan foto diri memegang KTP yang di upload pada aplikasi.
  3. Rekening SOBATKU akan diaktivasi maksimal 1 (satu) hari kerja setelah registrasi sukses.

 

Apakah penggunaan SOBATKU akan dikenakan pulsa ?

Penggunaan SOBATKU membutuhkan jaringan/koneksi internet, sehingga akan dikenakan pulsa pengaktifan data seluler/internet pada HP-nya. Kecuali bila Pengguna memakai wifi.

Apa yang harus dilakukan jika ingin menutup aplikasi SOBATKU?

  • Hubungi Kontak Sahabat 1500 218atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.co.id untuk melakukan penutupan rekening SOBATKU.
  • Menghubungi atau datang ke kantor cabang KSP Sahabat Mitra Sejati terdekat. Daftar kantor cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dapat dilihat di website sahabat-ukm.com

Apakah penyebab transfer ke SOBATKU gagal?

  1. Rekening Kamu belum aktif.
    Sebelum melakukan transaksi transfer ke nomor rekening SOBATKU Kamu, pastikan nomer rekening Kamu sudah aktif.
  1. Transaksi yang dilakukan pada jam layanan offline.
    Sebelum melakukan transaksi transfer ke SOBATKU, pastikan Kamu melakukan transfer pada saat jam layanan sedang online. Jam layanan akan offline pada pukul 23.30 – 00.30.
  1. Nomor rekening Kamu sudah mencapai limit maksimal saldo.
    Maksimal saldo SOBATKU yang dapat dimiliki, yaitu :
    • Saldo SOBATKU maksimal Rp. 20.000.000
    • Saldo SOBATKU Premium maksimal Rp. 100.000.000

Jika Kamu akan melakukan transaksi Bank transfer ke SOBATKU, pastikan saldo rekening tujuan tidak melebihi limit maksimal saldo SOBATKU. Jika transfer gagal karena saldo SOBATKU mencapai limit maksimal dan dana dari rekening asal telah terdebet, maka reversal saldo akan mengikuti ketentuan dari Bank rekening asal.

Registrasi

Data-data apa saja yang diperlukan saat melakukan registrasi SOBATKU ?

Pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas diri, yaitu :

  1. Nama Lengkap Sesuai KTP
  2. No Handphone
  3. Alamat Email
  4. Tanggal lahir
  5. PIN (6 digit), konfirmasi PIN
  6. Pertanyaan keamanan beserta jawabannya
  7. Nomor KTP
  8. Upload KTP
  9. Upload Foto Diri Memegang KTP
  10. Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
  11. Nama Ibu Kandung
  12. Upload foto tanda tangan basah sesuai dengan tanda tangan di KTP

Berikut adalah Field registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :

  • Nomor NPWP
  • Referral Code (Kode Referal)


Apa yang terjadi apabila hasil verifikasi atas data foto (foto KTP dan foto diri memegang KTP) Pengguna tidak sesuai ?

Pengguna akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi bahwa Pengguna wajib melakukan perbaikan data dengan melakukan upload ulang foto KTP dan atau foto diri memegang KTP. Jika selama 30 hari sejak registrasi Pengguna tidak melakukan upload ulang maka akun SOBATKU akan ter-reject dan Pengguna harus melakukan registrasi ulang.

Apa yang terjadi bila data E-KTP yang diinput tidak valid atau tidak sesuai pada saat registrasi?

Pengguna akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi bahwa verifikasi Akun SOBATKU gagal dan Pengguna dapat melakukan registrasi ulang.

Apa yang terjadi bila proses registrasi dan verifikasi telah berhasil/sukses dilakukan?

Bila registrasi dan verifikasi sudah berhasil dilakukan, maka akun/rekening akan aktif dan Pengguna dapat melakukan hal berikut ini :

  • Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, dan Internet Banking), atau melalui gerai ALFA
  • Saldo maksimal SOBATKU yang dimiliki adalah Rp20.000.000
  • Saldo maksimal SOBATKU Premium yang dimilki adalah Rp100.000.000
  • Pengguna mendapatkan poin atas saldonya
  • Dapat melakukan transaksi lain seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan lain-lain.

Hal-hal apa saja yang menyebabkan download dan registrasi SOBATKU tidak berhasil dilakukan ?

  • Smartphone yang digunakan memiliki operating system(OS) Android dengan versi dibawah 4 dan operating system Apple (IOS) dibawah 9.0
  • Google Playstore yang digunakan versi lama. SOBATKU dapat diakses melalui google playstore dengan minimal versi 6.0.
  • SMS centeroperator sedang sibuk.
  • Pulsa internet Kamu tidak memadai.
  • HP tidak terkoneksi dengan internet.
  • Gangguan jaringan.
  • Nomor handphone yang didaftarkan tidak aktif.
  • Operating systempada smartphone Kamu telah di root (Android) atau di jailbreak (Apple).
  • Penyebab lainnya.
Pengguna

Bagaimana jika nomor HP yang didaftarkan berbeda dengan nomor HP pada smartphone android yang Kamu gunakan ?
Tidak masalah. Nomor HP yang didaftarkan pada SOBATKU tidak harus sama dengan nomor pada HP  yang Kamu gunakan, dengan catatan nomor yang didaftarkan harus aktif karena setiap melakukan transaksi akan masuk OTP (One Time Password) ke nomor HP yang didaftarkan.

Bagaimana jika ganti nomor HP ?
Tidak masalah, Pengguna bisa melakukan request perubahan nomor handphone ke email picsobatku@sahabat-ukm.co.id . Data yang diterima oleh PIC SOBATKU akan diverifikasi kembali. Jika data sudah sesuai maka akan dilakukan perubahan nomor handphone dan Pengguna akan diinformasikan lewat email (yang terdaftar di aplikasi SOBATKU) oleh tim PIC SOBATKU untuk melakukan verifikasi, yang selanjutnya Pengguna dapat melakukan login kembali dengan nomor yang baru.

Catatan: Nomor handphone yang sudah diganti tidak dapat digunakan kembali untuk registrasi SOBATKU.

Apakah 1 (satu) orang atau 1 (satu) KTP bisa membuka beberapa nomor rekening SOBATKU ?
Bisa. Satu orang atau 1 (satu) KTP dapat membuka maksimal 5 (lima) rekening SOBATKU dengan 5 (lima) nomor handphone yang berbeda.

Apakah 1 (satu) orang atau 1 (satu) KTP bisa membuka beberapa nomor rekening SOBATKU Premium?
Tidak bisa. Satu orang hanya bisa membuka 1 (satu) rekening SOBATKU Premium dengan 1 (satu) KTP.

Bagaimana cara mendaftar SOBATKU lebih dari 1 (satu) nomor rekening ?
Jika sebelumnya Kamu sudah memiliki akun/rekening SOBATKU dan kamu ingin daftar kembali dengan nomor yang berbeda, maka beberapa langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Isi data registrasi SOBATKU (Pastikan Nama Lengkap, Alamat Email, Tanggal Lahir dan Nomor KTP sama seperti akun/rekening SOBATKU sebelumnya/yang pernah diregistrasikan)
  • Upload foto KTP dan upload foto diri memegang KTP
  • Kode token verifikasi (OTP) akan terkirim masuk ke nomor akun SOBATKU yang pernah diregistrasikan (akun pertama). Input kode token (OTP) tersebut pada layar aplikasi.
  • Selanjutnya, akan masuk kode token (OTP) kedua yang masuk ke nomor akun SOBATKU yang sedang diregistrasikan.
  • Proses registrasi selesai dan rekening SOBATKU aktif.

 

Apakah 1 nomor HP dapat membuka beberapa nomor rekening SOBATKU ?
Tidak bisa. Satu nomor HP hanya dapat membuka 1 (satu) rekening SOBATKU.

Kenapa harus verifikasi email?
Verifikasi email perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa email yang didaftarkan adalah milik Kamu. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi email:

Pengguna baru:

  • Pengguna masuk ke menu “Daftar” pada aplikasi SOBATKU
  • Pengguna harus mengisi data diri dengan lengkap
  • Setelah mengisi data diri lengkap, pengguna harus menyelesaikan proses registrasi
  • Selanjutnya, klik link yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan SOBATKU.

Pengguna lama:

  • Pengguna loginke akun SOBATKU
  • Pengguna masuk ke menu “Akun Saya”
  • Pengguna menekan tombol “Verifikasi Email” yang ada di menu “Akun Saya”

 

Bagaimana cara menjadi SOBATKU Premium?
Untuk meningkatkan status menjadi SOBATKU Premium, maka Pengguna harus memiliki :

  • Nomor Rekening Pengguna di Bank Sahabat Sampoerna dan atau
  • Rekening Simpanan Pengguna di Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati selain nomor SOBATKU.

Dan lengkapi data tambahan seperti :

  • Sumber Dana
  • Nominal Penghasilan per Bulan
  • Pekerjaan
  • Jabatan
  • Tujuan Pembukaan Rekening
Fitur

Bagaimana cara melakukan setoran awal atau top up ke rekening SOBATKU ?

  • Transfer melalui ATM/M-Banking/Internet Banking dengan kode bank 523 Bank Sahabat Sampoerna dan gunakan nomor rekening virtual account.
  • Setor uang tunai di ALFA (gunakan nomor handphone sebagai nomor rekening). Jam layanan ALFA mulai pukul 07.00 – 21.00*
  • Setor uang tunai di ALFA hanya dapat dilakukan oleh pemilik rekening SOBATKU

*)Keterangan:
Tergantung dari jam operasional masing-masing cabang ALFA dan terkait dana tergantung dari ketersediaan dana tunai di masing-masing cabang ALFA. Apabila pada salah satu cabang ALFA tidak tersedia dana maka dapat melakukan tarik tunai pada cabang ALFA lainnya.

Bagaimana cara melakukan tarik tunai di ALFA?

Tarik Tunai melalui ALFA dapat dilakukan dengan cara :

  • Kunjungi gerai ALFA terdekat. Jam layanan Alfa mulai pukul 07.00 – 21.00*
  • Ajukan permintaan tarik tunai Kamu melalui layanan “Top Up Loket Sahabat” kepada petugas kasir
  • Sebutkan nomor rekening SOBATKU milikmu (nomor HP Kamu) dan nominal tarik tunai.
  • Kamu akan menerima 6 digit OTP (One Time Password) melalui SMS pada nomor HP Kamu.
  • Informasikan 6 digit OTP (One Time Password) tersebut pada petugas kasir.
  • Tarik tunai sukses, cek saldo SOBATKU dan petugas kasir akan memberikan uang sejumlah nominal tarik tunai.
  • Kamu akan mendapatkan notifikasi pada email-mu bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

*) Keterangan:
Tergantung dari jam operasional masing-masing cabang ALFA dan terkait dana tergantung dari ketersediaan dana tunai di masing-masing cabang ALFA. Apabila pada salah satu cabang ALFA tidak tersedia dana maka dapat melakukan tarik tunai pada cabang ALFA lainnya.

Bagaimana apabila di beberapa daerah/kota tidak terdapat cabang ALFA untuk melakukan tarik tunai ?

Penarikan tunai darurat dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Bank Kamu dengan cara sebagai berikut :

  • Login SOBATKU Kamu
  • Pilih menu transfer
  • Pilih menu transfer ke rekening bank
  • Pilih bank tujuan
  • Input nomer rekekning tujuan
  • Input nominal transfer
  • Input PIN
  • Klik tombol transfer dan akan muncul bukti transaksi pada aplikasi
  • Dan Kamu akan mendapatkan notifikasi pada email-mu bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Apakah rekening SOBATKU mendapat bunga?

Rekening SOBATKU mendapat bunga sebesar 0,25% per tahun, dari saldo harian rata-rata. Berlaku untuk semua saldo simpanan yang ada di rekening SOBATKU.

Apa itu Referral Code ?

Referral code merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari kombinasi alfanumerik dan berfungsi untuk menandakan siapa yang mereferensikan untuk menjadi Pengguna SOBATKU (Member get Member). Dimana Pengguna existing dan Pengguna baru akan mendapatkan keuntungan dari referral code tersebut (program promo/poin/insentif/dll). Referral code dapat digunakan oleh :

  • Pengguna Existing input referral code pada field di menu AKUN SAYA melalui UBAH PROFILE
  • Pengguna Baru input referral code pada saat registrasi.

Berapa lama uang akan kembali jika menggunakan menu Transfer ke Nomor HP, namun penerima tidak melakukan registrasi ?

Teman Kamu dapat melakukan registrasi nomor HP nya pada aplikasi SOBATKU melalui HP smartphone lain. Setelah rekening SOBATKU berhasil teregistrasi, uang yang Kamu kirim akan masuk ke rekening SOBATKU milik teman Kamu tersebut.

Berapa lama uang akan kembali jika menggunakan menu Transfer ke Nomor HP, namun penerima tidak melakukan registrasi ?

Uang yang dikirim akan real time kembali ke rekening SOBATKU pengirim jika penerima dana SOBATKU tidak melakukan registrasi selama 7 (tujuh) hari.

Keamanan

Apakah SOBATKU aman ?

Security aplikasi SOBATKU dilengkapi dengan:

  • Personal Identification Number (PIN).
  • One Time Password (OTP).
  • Pertanyaan keamanan beserta jawabannya.

Untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak lain. Hindari pembuatan PIN menggunakan tanggal lahir dan kombinasi angka tertentu yang mudah ditebak orang lain, dan pastikan PIN SOBATKU milik Kamu tidak diketahui oleh siapapun.

Bagaimana jika pada smartphone dilakukan rooting/jailbreak system ?

Jika pada smartphone yang Kamu gunakan telah dilakukan rooting/jailbreak system maka aplikasi SOBATKU hanya dapat di download dan install namun tidak dapat melakukan registrasi rekening SOBATKU. Kamu tetap dapat melakukan registrasi SOBATKU menggunakan smartphone lain milik teman/kerabat/keluarga, dengan catatan smartphone tersebut tidak di rooting/jailbreak. 

Bagaimana jika lupa PIN ?

Lakukan reset PIN dengan cara :

  • Masuk ke menu LUPA PIN saat awal login
  • Masukan nomor HP Kamu dan pilih pertanyaan keamanan beserta masukkan jawabannya.
  • Masukan kode konfirmasi OTP (one time password) yang terkirim ke nomor handphone-mu.
  • Proses perubahan PIN berhasil dilakukan. Kamu akan mendapatkan notifikasi pada HP yang terdaftar.


Bagaimana jika lupa security question – answer (pertanyaan & jawaban keamanan)?

  • Hubungi Kontak Sahabat di nomor 1500 218atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.co.id
  • Tim SOBATKU akan memproses permintaan untuk reset pertanyaan keamanan beserta jawabannya.
  • Kamu akan menerima PIN baru yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan saat registrasi.
  • Login kembali menggunakan PIN baru tersebut.
  • Pilih pertanyaan keamanan dan input jawaban keamanan yang Kamu inginkan.
  • Kode token/OTP akan dikirimkan ke nomormu sebagai kode konfirmasi.
  • Input kode token tersebut pada aplikasi SOBATKU.
  • Perubahan security question – answer(pertanyaan dan jawaban keamanan) berhasil dilakukan.
  • security question – answer (pertanyaan dan jawaban keamanan) berhasil dilakukan.

Bagaimana jika HP hilang?

Terdapat 2 alternatif pilihan jika HP hilang, yaitu :

A. Nomor HP lama ingin tetap digunakan

    1. Ganti PIN
    • Lakukan login dengan nomor HP lama/hilang di smartphone yang ada aplikasi SOBATKU.
    • Masuk ke menu Setting> Ubah PIN kemudian lakukan pergantian PIN.
    • Pengguna mengurus kartu baru dengan nomor HP yang lama/hilang agar kamu tetap bisa bertransaksi.
    1. Blokir rekening SOBATKU
    • Blokir rekeningSOBATKU dengan menghubungi Kontak Sahabat 1500 218 atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.co.id. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk diverifikasi.
    • Pengguna mengurus kartu baru dengan nomor HP lama/hilang.
    • Hubungi Kontak Sahabat dan lakukan permintaan pembukaan blokir rekeningSOBATKU ke Kontak Sahabat 1500 218 atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.co.id.

B. Mengganti nomor HP

Kunjungi kantor cabang Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati terdekat dengan membawa KTP dan surat pernyataan perubahan nomor HP, lalu ajukan perubahan nomor HP. Tim kantor cabang akan melakukan proses verifikasi, setelah itu tim kantor cabang akan email picsobatku@sahabat-ukm.co.id . Data yang diterima oleh PICSOBATKU akan diverifikasi kembali. Jika data sudah sesuai maka akan dilakukan perubahan nomor HP dan Pengguna akan diinformasikan oleh tim kantor cabang dan saldo yang ada di nomor HP lama akan pindah ke nomor HP baru.

Informasi lokasi kantor Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati dapat dilihat di www.sahabat-ukm.com.

Bagaimana jika akun SOBATKU terblokir dikarenakan salah input PIN 3x (tiga kali) sehingga Pengguna tidak dapat login?

Kamu dapat akses menu LUPA PIN dan lakukan prosesnya sesuai menu tersebut agar dapat login kembali dan menggunakan SOBATKU.

Bagaimana jika login di beda device?

Jika Kamu login di device yang berbeda, kamu bisa login dengan input nomer SOBATKU dan PIN Kamu, lalu input kode OTP yang telah dikirim ke alamat email yang terdaftar SOBATKU Kamu.

Biaya dan Transaksi

Berapa saldo minimum dan saldo maksimum rekening SOBATKU?
Ketentuannya:

  1. Saldo Minimum tidak dibatasi atau boleh Nihil (Rp0)
  2. Saldo SOBATKU maksimum dibatasi Rp20.000.000,-
  3. Saldo SOBATKU Premium maksimum dibatasi Rp100.000.000.-

Apakah rekening SOBATKU dikenakan biaya administrasi ?
Biaya administrasi rekening SOBATKU adalah sebesar Rp500/Bulan.

Biaya apa saja yang dibebaskan untuk rekening SOBATKU ?
Biaya transaksi SOBATKU yang dibebaskan adalah :

  • Transfer ke sesama Pengguna SOBATKU
  • Transfer nomor HP teman
  • Biaya SMS notifikasi: OTP(One Time Password)
  • Notifikasi atas transaksi gagal/berhasil

Bagaimana Kamu mengetahui transaksi Kamu berhasil atau tidak ?

Jika transaksi berhasil:
Maka akan muncul notifikasi pada alamat email yang digunakan saat registrasi SOBATKU.

Jika transaksi gagal:
Maka akan muncul notifikasi bahwa transaksi gagal atau tidak dapat diproses. Atau lakukan pengecekan dengan cara:

  • Melihat pada laporan transaksi.
  • Melakukan permintaan salinan rekening yang akan dikirim melalui e-mail.

Jika transaksi timeout:
Akan dilakukan pengecekan pada sistem. Apabila dalam pengecekan, transaksi dengan kondisi  timeout dan saldo terpotong, maka akan dilakukan pengembalian saldo dalam waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja. Apabila saldo belum dikembalikan pada waktu yang ditentukan, silahkan hubungi picsobatku@sahabat-ukm.co.id

Apa yang harus dilakukan bila rekening SOBATKU terdebet namun transaksi gagal, atau terdebet 2x (dua kali) atas transaksi yang sama?

  1. Lakukan pengecekan mutasi dengan cara:
    • Cek pada menu Laporan Transaksi SOBATKU, atau
    • Lakukan permintaan Salinan Rekening pada aplikasi SOBATKU.
  2. Hubungi Kontak Sahabat di nomor 1500218 apabila ada transaksi yang tidak sesuai.


Apakah terdapat limit transaksi dalam menggunakan SOBATKU ?

Ada.
Beberapa limit transaksi menggunakan SOBATKU & SOBATKU Premium ialah sebagai berikut :

No FITUR LIMIT TRANSAKSI SOBATKU
UPGRADE
LIMIT TRANSAKSI SOBATKU
PREMIUM
1 Maksimum saldo
Maksimum saldo yang bisa disimpan Rp20.000.000 Rp100.000.000
2 Menabung/Top-up
Minimum nominal top-up per transaksi Rp10.000 Rp10.000
3 Transfer sesama SOBATKU
Minimum nominal transfer per transaksi Rp1.000 Rp1.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 30 30

Maksimum frekuensi transfer per bulan

300 300
Maksimum total nominal transfer per hari Rp50.000.000 Rp50.000.000
4 Transfer ke Rekening Bank
Minimum nominal transfer per transaksi Rp10.000 Rp10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp5.000.000 Rp5.000.000

Maksimum frekuensi transfer per hari

10 10
Maksimum total nominal transfer per hari Rp15..000.000 Rp15.000.000
5 Transfer BI-FAST
Minimum nominal transfer per transaksi Rp5.000 Rp5.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp20.000.000 Rp100.000.000

Maksimum frekuensi transfer per hari

10 10
Maksimum total nominal transfer per hari Rp20.000.000 Rp100.000.000
6 Transfer SKN
Minimum nominal transfer per transaksi Rp50.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp100.000.000

Maksimum total nominal transfer per hari

Rp100.000.000
Maksimum total nominal transfer per bulan Rp400.000.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 1
Maksimum frekuensi transfer per bulan 4
7 Transfer ke No HP
Minimum nominal transfer per transaksi Rp10.000 Rp10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp1.000.000 Rp1.000.000
8 Setor Tunai ALFA
Minimum nominal setor tunai per transaksi Rp50.000 Rp50.000
Maksimum nominal setor tunai per transaksi Rp1.000.000 Rp1.000.000

Maksimum frekuensi setor tunai per hari

3 3
Maksimum frekuensi setor tunai per bulan 90 90
Maksimum total nominal setor tunai per hari Rp3.000.000 Rp3.000.000
Maksimum total nominal setor tunai per bulan Rp90.000.000 Rp90.000.000
9 Tarik Tunai ALFA
Minimum nominal tarik tunai per transaksi Rp50.000 Rp50.000
Maksimum nominal tarik tunai per transaksi Rp500.000 Rp500.000

Maksimum frekuensi tarik tunai per hari

3 3
Maksimum frekuensi tarik tunai per bulan 90 90
Maksimum total nominal tarik tunai per hari Rp1.500.000 Rp1.500.000
Maksimum total nominal tarik tunai per bulan Rp45.000.000 Rp45.000.000

Limit-limit transaksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh SOBATKU.

 

Apakah terdapat biaya-biaya transaksi dalam menggunakan SOBATKU ?
Ada. Beberapa info biaya-biaya transaksi menggunakan SOBATKU & SOBATKU Premium ialah sebagai berikut:

No FITUR BIAYA TRANSAKSI
1 Menabung/Top-up melalui:
ATM/Internet Banking Bank Sahabat Sampoerna Rp0
ATM/M-Banking/Internet Banking Jaringan Prima/Bersama Sesuai biaya transfer jaringan prima/bersama
2 Transfer ke Rekening Bank
– Tujuan Bank Sahabat Sampoerna Rp0
– Tujuan Bank Jaringan Prima Rp6.500
3 Transfer BI-FAST
Rp2.500
4 Transfer SKN
Rp2.900
5 Transfer ke Sesama SOBATKU
Rp0
6 Transfer ke Nomor HP
Rp0
7 Setor tunai ALFA (disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat) Rp5.000
8 Tarik tunai ALFA (disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat) Rp5.000
9 Pembayaran Biller
Pembayaran PLN Listrik Rp1.000
Pembayaran PLN Non Tagihan Listrik Rp1.000
Pembayaran Telkom (Telepon Rumah) Rp1.000
Pembayaran Internet Speedy Rp1.000
Pembayaran PDAM Rp500 – Rp5.100
Pembayaran HP Pasca Bayar Rp0 – Rp1.000
Pembayaran TV Berbayar Rp0 – Rp1.000
Pembayaran Net1 Rp0
Pembayaran KAI Rp5.000
Pembayaran BPJS Kesehatan Rp2.500
Top up E-Wallet
Gopay Rp1.100 – Rp3.300
OVO Rp0
LinkAja Rp1.000 – Rp2.000
DANA Rp1.000
ShopeePay Rp1.000 – Rp1.100
Pembelian Pulsa
Telkomsel Rp0 – Rp2.000
Telkomsel Data Rp0
Indosat Rp0 – Rp1.000
XL Rp0 – Rp2.000
XL Data Hotroad Rp0
Smartfren Rp0 – Rp1.000
10 Biaya Admin Bulanan
Rp500/bulan
11 Biaya Dorman
Rp10.000/bulan
12 Simpanan Berjangka
Biaya penalty simpanan berjangka 0,5% dari pokok nominal simpanan berjangka yang dicairkan
Penghasilan bunga sampai dengan Rp240.000 atas simpanan berjangka Pajak 0%
Penghasilan bunga lebih dari Rp240.000 atas simpanan berjangka Pajak 10%

Keterangan:

  • Biaya dapat berubah sewaktu-waktu
  • Saldo OVO akan dipotong sebesar Rp1.500 pada aplikasi OVO
Simpanan Berjangka

Apa itu Simpanan Berjangka SOBATKU?
Simpanan Berjangka SOBATKU adalah produk simpanan SOBATKU yang memberikan imbal hasil dengan suku bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana Cara Membuat Simpanan Berjangka SOBATKU?

  • Pengguna login di aplikasi SOBATKU
  • Masuk ke menu ‘Simpanan Berjangka’
  • Klik ‘Buat Baru’
  • Pilih ‘Nominal’ untuk menentukan nominal yang akan dimasukkan Simpanan Berjangka SOBATKU, pilih ‘Tenor’ untuk menentukan jangka waktu pencairan, dan pilih ‘Instruksi Pencairan’ untuk menentukan opsi ARO (Automatic Roll Over) atau Non-ARO (Non – Automatic Roll Over).
  • Khusus untuk opsi ARO (Automatic Roll Over), akan muncul dua pilihan yaitu Saldo Pokok (Nilai Simpanan Berjangka yang akan diperpanjang adalah nominal pokok yang ditetapkan) dan Saldo Pokok + Bunga (Nilai Simpanan Berjangka yang akan diperpanjang adalah nominal pokok yang ditetapkan ditambah dengan perolehan suku bunga yang sudah didapatkan pada Simpanan sebelumnya). Pilih salah satu dari kedua opsi tersebut.
  • Klik ‘Lanjut’ untuk melanjutkan
  • Masukkan PIN dan klik ‘Buat Simpanan Berjangka
  • Masukkan kode OTP berdasarkan SMS yang diterima oleh nomor handphoneyang terdaftar pada akun SOBATKU
  •  

Berapa Nominal Penempatan untuk Simpanan Berjangka SOBATKU?
Nominal penempatan untuk Simpanan Berjangka SOBATKU paling kecil adalah Rp5,000,000 dan paling besar adalah Rp100,000,000.

Berapa Lama Tenor yang Ditawarkan Simpanan Berjangka SOBATKU?
Ada beberapa opsi tenor yang disediakan oleh SOBATKU, yaitu: 1 Bulan, 3 Bulan, 6 Bulan, 12 Bulan, 15 Bulan, hingga 18 Bulan.

Berapa pajak yang harus dibayarkan pada Simpanan Berjangka SOBATKU?
Pajak yang ditawarkan untuk penghasilan bunga sampai dengan Rp240,000 adalah 0% (nol persen), sedangkan penghasilan bunga yang melebihi Rp240,000 akan dikenakan pajak sebesar 10% (sepuluh persen).

Apakah Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan sewaktu-waktu?
Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan saat jatuh tempo sesuai pilihan tenor. Jika proses pencairan dilakukan sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan biaya penalty sebesar 0,5% dari pokok nominal simpanan yang dicairkan.

Apakah Simpanan Berjangka SOBATKU dapat dicairkan oleh orang lain?
Simpanan Berjangka SOBATKU hanya dapat dicairkan oleh pemilik akun SOBATKU dan yang mengetahui PIN SOBATKU.

Dimana pemilik akun SOBATKU dapat melihat Advis?
Advis Simpanan Berjangka SOBATKU dapat diunduh melalui aplikasi SOBATKU.

Agen SOBATKU

Agen SOBATKU adalah agen resmi yang ditugaskan KSP Sahabat Mitra Sejati untuk memudahkan peminjam KSP dalam melakukan transaksi.

  • Agen SOBATKU melayani pembayaran angsuran KSP Sahabat Mitra Sejati.
  • Agen SOBATKU tersebar dimana-mana, sehingga memudahkan peminjam untuk membayar angsuran, dimana saja dan kapan saja.

Pastikan Kamu hanya melakukan pembayaran di agen resmi terdaftar. Kunjungi website www.sobatku.co.id untuk mengetahui lokasi agen SOBATKU terdekat dan social media SOBATKU untuk mendapatkan informasi terkini.