“Silaturahmi dan ramah tamah Pengurus dan Pengawas KSP  Sahabat Mitra Sejati dengan Teten Masduki  selaku Menteri Koperasi  dan UKM Kabinet Indonesia Maju. Dalam rangka silaturahmi tersebut, para Pengurus dan Pengawas  juga berdiskusi dan meminta arahan tentang  Koperasi di Indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0”

Ajang silaturahmi Pengurus dan Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati  berlangsung di kantor kementerian dan koperasi dan UKM RI, pada hari Rabu tanggal 20 November 2019.

Pengurus dan Pengawas Koperasi menyambut baik komitmen pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI yang terus mendorong agar koperasi-koperasi di Indonesia bisa go digital. Sebab digitalisasi koperasi saat ini merupakan sebuah tuntutan karena sudah memasuki revolusi industri 4.0. Koperasi harus mau bersaing di era serba teknologi saat ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati, Ceppy Yana Mulyana, usai bertemu dengan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki di kantornya, Jakarta, Rabu (20/11). Menurut Teten, sebagai Menteri Koperasi dan UKM RI yang baru menaruh perhatian lebih, agar koperasi bisa mulai melek teknologi sehingga kualitas layanannya meningkat.

Ceppy menyatakan bahwa pemerintah melalui Kemenkop dan UKM RI sudah menyatakan siap membantu dan mendukung upaya-upaya digitalisasi koperasi. Menurutnya, Teten memastikan bahwa Kemenkop dan UKM tidak hanya akan menjadi regulator saja namun juga akan menjadi fasilitator sehingga akan terjun langsung ke lapangan untuk membantu koperasi yang ingin go digital.

“Nah dengan begini, di awali dengan hal yang baik dan dengan pertemuan seperti ini mudah-mudahan ada kelanjutan agar kita bisa mencapai tujuan yang kita harapkan,” ujar Ceppy.

KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri mengaku sudah merasakan manfaat dari ujicoba digitalisasi yang sudah dilakukannya. Saat ini dengan anggota sekitar 6.000 anggota mulai dimudahkan dengan inovasi layanan digital tersebut. Proses transaksi simpan pinjam di KSP Sahabat Mitra Sejati ini semakin mudah dan cepat. Dijelaskan Ceppy bahwa perbaikan layanan ini tidak lepas dari dukungan Kemenkop dan UKM RI.

“Saat ini kami punya produk simpanan yang kami sebut dengan produk “SOBATKU” atau Simpanan Online Sahabatku. Itu menjadi produk digital yang kita harapkan bisa bermanfaat bagi anggota kami yang jumlahnya ribuan,” pungkas Ceppy

SOBATKU adalah simpanan online berbasis aplikasi yang merupakan produk dari KSP Sahabat Mitra Sejati. Sesuai dengan arahan dari Presiden untuk melakukan modernisasi terhadap Koperasi, Teten selaku Menteri Koperasi dan UKM RI juga berpesan agar Koperasi di Indonesia, salah satunya KSP Sahabat Mitra Sejati ‘untuk terus melakukan inovasi agar dapat melayani para anggotanya dengan lebih baik lagi.