1. Definisi dan Terminologi

 

Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM) adalah badan hukum berbentuk koperasi yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam.

SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah layanan simpanan online berbasis mobile aplikasi yang diterbitkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati (dengan merek dagang Sahabat UKM)

Rekening SOBATKU adalah rekening simpanan yang dibuka oleh Pengguna yang disimpan pada server platform micro-payment SOBATKU.

Simpanan adalah nilai uang yang tersimpan di dalam rekening SOBATKU dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi.

Merchant adalah suatu institusi, perusahaan maupun perorangan yang melayani transaksi dengan menggunakan SOBATKU.

Calon Anggota merupakan individu yang mendaftar sebagai Pengguna produk layanan Sahabat UKM dan tunduk kepada syarat dan ketentuan calon Anggota Sahabat UKM. Selanjutnya disebut Pengguna SOBATKU.

Pengguna adalah pemakai aplikasi SOBATKU yang merupakan pemilik rekening SOBATKU di KSP Sahabat Mitra Sejati.

Nomor Handphone (HP) adalah nomor seluler yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses aplikasi SOBATKU.

Perangkat Telekomunikasi (Device) adalah handset, tablet, atau telepon telekomunikasi lainnya yang teknologinya mendukung layanan SOBATKU dan menggunakan Operating System(OS) Android dan IOS atau operating system lainnya yang akan ada di kemudian hari yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU.

PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pengguna untuk mengakses layanan SOBATKU.

Virtual Account (VA) merupakan nomor identifikasi pelanggan (end user) yang dibuat oleh Bank untuk selanjutnya diberikan kepada Pengguna sebagai identifikasi penerimaan dana.

  Akun adalah  akun yang diperoleh setelah Pengguna melakukan registrasi dan terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU.

Bank adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan transaksi kerjasama dengan SOBATKU.

Transaksi adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan SOBATKU, antara lain transaksi menabung, transaksi pembayaran, transaksi pengiriman uang, transaksi tarik tunai dan transaksi lainnya yang akan dikembangkan di kemudian hari.

Transaksi Nabung adalah transaksi pengisian saldo atau penambahan dana yang dilakukan oleh Pengguna pada Rekening SOBATKU.

Rekening Dormant adalah rekening yang tidak ada transaksi selama 24 bulan, baik itu transaksi menabung/tarik tunai/transfer saldo. Rekening dormant akan dikenakan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.

 

2. Ketentuan Umum

 

 SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah sebuah layanan simpanan online berbasis mobile aplikasi yang dapat digunakan Pengguna melalui smartphone miliknya.

Pengguna SOBATKU dapat menggunakan seluruh operator baik pascabayar maupun prabayar untuk menjadi pengguna SOBATKU.

Untuk mengakses layanan SOBATKU, Pengguna wajib mengunduh dan menginstalasi aplikasi SOBATKU pada smartphone miliknya serta melakukan aktivasi.

Setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) rekening SOBATKU.

Pengguna dapat melakukan Transaksi sepanjang saldo Simpanan yang terdapat dalam Rekening SOBATKU mencukupi.

Tidak ada batas minimum saldo di Rekening SOBATKU.

Pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Memiliki kartu identitas diri yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Nomor Nomor handphone (HP) harus aktif (tidak terblokir) untuk bisa menerima SMS.
  3. Jaringan data internet tersedia.
  4. Saldo SOBATKU mencukupi untuk melakukan Transaksi.

 

3. Informasi Pengguna

 

Pengguna SOBATKU dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Pengguna STANDAR dan Pengguna UPGRADE, perbedaannya adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna STANDAR
    • Pengguna yang sudah melakukan registrasi akun SOBATKU dan belum melakukan upload KTP, nomor KTP, alamat domisili (Provinsi, Kota, Kode POS) dan Nama Ibu Kandung.
    • Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ada.
    • Memiliki waktu 6 (enam) bulan sebelum akun dinonaktifkan untuk melengkapi data Pengguna yaitu : upload KTP, input nomor KTP, Alamat Domisili  (Provinsi, Kode POS, Kota) dan Nama Ibu Kandung.
    • Saldo maksimal Rp1.000.000,-
    • Setoran awal minimal Rp10.000,-
    • Mendapatkan poin, tetapi tidak dapat  mengikuti undian.

 

  1. Pengguna UPGRADE
  • Pengguna yang telah melakukan upload KTP, input nomor KTP, alamat domisili (provinsi, kode POS, dan kota) dan Nama Ibu Kandung.
  • Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ada.
  • Saldo maksimal Rp20.000.000,-
  • Setoran awal minimal Rp10.000
  • Mendapatkan poin dan dapat mengikuti undian.

 

Pengguna SOBATKU wajib memberikan dokumen KTP dalam bentuk foto dan nomor KTP dalam kurun waktu 6 bulan. Jika Pengguna SOBATKU tidak memberikan foto dan nomor KTP dalam kurun waktu 6 bulan, sejak tanggal registrasi, maka akun secara langsung akan non-aktif.

Pengguna bersedia jika suatu saat Pengguna diminta melengkapi dokumen lainnya dan memberikan tanda tangan basah.

Proses verifikasi/validasi tentang kebenaran data Pengguna yang mendaftar sebagai Pengguna SOBATKU sekaligus pemilik rekening tabungan, adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna Standar proses verifikasi/validasi dilakukan pada saat registrasi yaitu data nomor handphone yang diisi pada saat registrasi akan mendapatkan One Time Password (OTP) dalam bentuk SMS yang kemudian harus diisi pada layar aplikasi agar dapat melanjutkan proses registrasi.
  2. Pengguna Upgrade, proses verifikasi after the fact yaitu dilakukan setelah Pengguna Upgrade teregistrasi (melengkapi data nomor KTP, upload KTP, alamat domisili yaitu provinsi, kode pos dan kota, serta nama ibu kandung).

 

4. Registrasi dan Aktivasi

 

  1. Registrasi

Pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas diri, yaitu :

  • Nama
  • Nomor HP
  • Alamat Email
  • Tanggal Lahir
  • Pertanyaan Keamanan dan Jawaban Keamanan
  • PIN & Konfirmasi PIN

Terdapat field registrasi yang perlu dilengkapi oleh Pengguna maksimal dalam jangka waktu 6 bulan (jika dilengkapi oleh Pengguna, maka status Pengguna adalah Upgrade) yaitu :

  • Nomor KTP
  • Upload foto KTP
  • Alamat Domisili (Provinsi, Kota, Kode POS)
  • Nama Ibu Kandung

 

Berikut adalah Field Registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :

  • Tempat Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Upload Foto Tandatangan
  • Nomor NPWP
  • Alamat KTP (Provinsi, Kode POS, Kota)
  • Kewarganegaraan
  • Marital Status
  • Pekerjaan
  • Referral Code (field untuk membuat kode unik Pengguna agar dapat memberikan referral kepada user baru)

 

Jika dokumen foto KTP yang diunggah (diupload) oleh Pengguna tidak jelas dan tidak dapat divalidasi atau yang menyebabkan informasi data pada foto KTP tidak dapat diverifikasi maka Pengguna wajib mengunggah kembali foto KTP miliknya, dan jika hal tersebut diatas masih tidak dapat dipenuhi oleh Pengguna maka status Pengguna tidak dapat terupgrade dan tidak dapat mengikuti undian.

Hanya Pengguna dengan nomor HP Indonesia yang dapat melakukan registrasi akun SOBATKU.

  1. Aktivasi

Setelah registrasi berhasil, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan memasukan nomor PIN (6 digit angka). PIN ini merupakan fitur keamanan dalam bertransaksi.

 

5. Masa Berlaku

 

Rekening SOBATKU milik Pengguna akan selalu aktif dan berlaku selama nomor HP yang teregistrasi aktif. Terkecuali apabila ada penutupan sepihak dari Sahabat UKM dengan alasan tertentu, misalnya adanya indikasi transaksi mencurigakan sesuai dengan ketentuan transaksi pada Sahabat UKM.

 

6. Jenis-jenis Transaksi

 

Transaksi SOBATKU yang dapat dilakukan oleh Pengguna saat ini adalah sebagai berikut:

  • Nabung melalui ATM.
  • Setor tunai di Alfamart/Alfamidi.
  • Tarik Tunai di Alfamart/Alfamidi.
  • Transfer Sesama SOBATKU.
  • Transfer ke Nomor HP.
  1. Nabung melalui ATM :

Pengguna dapat melakukan penambahan saldo melalui ATM Bank dengan cara mentransfer sejumlah dana milik Pengguna pada rekening Bank ke rekening SOBATKU.

  1. Transfer Sesama SOBATKU
  • Pengguna dapat mengirim dana melalui aplikasi SOBATKU ke sesama pengguna SOBATKU.
  • Dana akan diterima secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat
  1. Setor Tunai di Alfamart/Alfamidi

Pengguna dapat melakukan penambahan saldo di kasir Alfamart/Alfamidi dengan menginfokan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.

  1. Tarik Tunai di Alfamart/Alfamidi

Pengguna dapat melakukan penarikan dana tunai melalui Kasir Alfamart/Alfamidi dengan menyebutkan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.

  1. Transfer ke Nomor Handphone (HP)

Pengguna dapat mengirim saldo ke nomor HP yang belum terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU.

 

7. Tentang Saldo

 

Saldo Simpanan yang tersimpan dalam rekening SOBATKU :

  • Merupakan Simpanan yang tunduk kepada Undang-Undang tentang Perkoperasian dan peraturan pelaksanaannya.
  • Tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
  • Pengguna dapat melakukan cek saldo melalui aplikasi SOBATKU dan mengunduh atau mengirimkan histori transaksi finansial melalui email.
  • Pengguna mendapatkan bunga atas saldo simpanan yang ada pada SOBATKU dan bunga akan dibayarkan setiap tanggal 1 (satu).
  • Saldo dalam rekening SOBATKU dapat melebihi batasan yang ada sepanjang hal tersebut terjadi karena pengembalian dana tolakan milik Pengguna SOBATKU, atau akibat pembayaran bunga oleh Sahabat-UKM.

 

8. Tentang PIN

 

PIN (Personal  Identification Number) diperlukan untuk melakukan transaksi sebagai keabsahan atau verifikasi bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna.

PIN dapat diganti atau di-reset oleh Pengguna melalui aplikasi SOBATKU pada menu Ubah PIN.

Untuk proses ganti PIN, kode verifikasi pembuatan PIN baru akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP Pengguna yang telah didaftarkan pada saat aktivasi.

Apabila Pengguna lupa alamat email, dapat menghubungi Kontak Sahabat : 1500218

Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan sepenuhnya bertanggungjawab atas penggunaan layanan SOBATKU.

 

9. Biaya Layanan

 

Biaya yang dikenakan pada aplikasi SOBATKU :

Jenis Biaya Biaya (per transaksi)
Registrasi Gratis
Upgrade Akun Gratis
Nabung Gratis
Cek Saldo Gratis
Lihat Laporan Transaksi Gratis
Transfer Saldo Gratis
Tarik Tunai Gratis
Setor Tunai Gratis

 

*Biaya isi saldo melalui jaringan ATM Bersama/ALTO/PRIMA akan dibebankan oleh Bank pengirim dan besarnya ditentukan oleh bank pengirim tersebut.

Biaya-biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Sahabat UKM.

 

10. Pemblokiran Rekening

 

Rekening SOBATKU dapat terblokir (non aktif) :

  1. Apabila Pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
  2. Apabila diminta oleh Pengguna.
  3. Apabila perlu dilakukan oleh Sahabat UKM baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna atas suatu alasan tertentu.

Untuk Rekening SOBATKU yang terblokir, maka Pengguna :

  1. Tidak dapat melakukan transaksi finansial.
  2. Tidak dapat melakukan tarik tunai atau transaksi pendebetan lainnya.
  3. Dapat diaktifkan kembali (buka blokir).

 

Sahabat UKM berhak untuk memblokir rekening SOBATKU milik Pengguna secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan dalam hal terjadi salah satu kejadian sebagai berikut :

  1. Atas permintaan otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
  2. Apabila Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU menurut kebijakan Sahabat UKM semata-mata.
  3. Apabila Pengguna memberikan informasi yang tidak benar atau menyesatkan pada saat registrasi SOBATKU.
  4. Apabila terdapat dugaan penyalahgunaan SOBATKU untuk kegiatan yang melanggar hukum.

Pembukaan atas rekening yang diblokir yang sementara dapat dilakukan melalui Kontak Sahabat : 1500218.

  1. Rekening SOBATKU tidak terblokir secara permanen; atau
  2. Disetujui oleh Sahabat UKM.

 

Bagi rekening SOBATKU yang telah ditutup :

  1. Data informasi Pengguna akan disimpan dalam arsip elektronik dalam jangka waktu sesuai ketentuan yang berlaku.
  2. Tetap harus tunduk pada Syarat dan Ketentuan Simpanan.

 

11. Penutupan dan Pengembalian Simpanan

 

Pengguna dapat mengajukan permohonan penutupan rekening SOBATKU dan pengembalian dana melalui Kontak Sahabat : 1500218.

 Ketentuan mengenai penengembalian / penarikan dana mengacu kepada kebijakan dan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.

Rekening SOBATKU yang telah ditutup secara permanen tidak dapat diaktifkan kembali dan Pengguna tidak dapat mengakses layanan SOBATKU.

Apabila di kemudian hari Pengguna berkeinginan untuk membuka rekening SOBATKU kembali, maka pengguna harus registrasi dengan nomor handphone yang berbeda.

 

12. Batas Pertanggung Jawaban

 

Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data Pengguna, Pengguna wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi data Pengguna yang dimilikinya (antara lain tidak terbatas pada nomor HP yang digunakan, PIN, nomor HP alternatif yang didaftarkan untuk kegunaan penggantian PIN, atau data lainnya yang diberikan oleh Pengguna/diterima oleh Pengguna terkait untuk pelaksanaan transaksi) maupun segala aktivitas/transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dan tidak memberitahukannya kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi data akun yang dimilikinya.

Pengguna wajib menjaga Nomor HP dan nomor selular alternatif miliknya dari antara lain kehilangan/kerusakan, mencegah agar Nomor HP miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa KSP Sahabat Mitra Sejati tidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut (tetapi tidak terbatas pada) :

  • Kehilangan atau kerusakan HP/smartphone/perangkat telekomunikasi, maupun nomor HP.
  • Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan SOBATKU yang terindikasi melanggar hukum dan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
  • Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan atau terdapat gangguan yang terkait keadaan kahar (force majeure) seperti yang tertera pada pasal keadaan kahar (force majeure).

 Apabila Pengguna kehilangan smartphone, baik karena dicuri, hilang, atau sebab apapun, Pengguna wajib   menghubungi Kontak Sahabat : 1500218 dalam jangka waktu 1x24 jam untuk melakukan pemblokiran rekening Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU). Pengguna  dengan ini membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala risiko dan akibat yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan kehilangan Nomor HP atau nomor HP alternatif tersebut maupun kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ayat ini dan karenanya hal tersebut menjadi risiko dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna.

Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui aplikasi SOBATKU merupakan milik Sahabat UKM sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia, dan karenanya penggunaan layanan yang terdapat pada aplikasi SOBATKU ini tidak dapat dianggap sebagai pengalihan hak kepemilikan kepada Pengguna.

Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui penggunaan layanan SOBATKU, tunduk pada termasuk tapi tidak terbatas pada syarat dan ketentuan penggunaan SOBATKU, maupun ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia dari waktu ke waktu tentang Simpanan.

Sahabat UKM atas pertimbangannya sendiri berhak untuk menolak pengajuan pendaftaran layanan SOBATKU oleh Pengguna tanpa menginformasikan alasan ataupun penyebab ditolaknya pengajuan tersebut.

Pengguna dengan ini wajib melakukan pengecekan dan memastikan segala informasi data yang di-input pada saat melakukan transaksi adalah benar. Oleh karenanya, Pengguna membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan dan atau ganti  kerugian dari Pengguna maupun  pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian penggunaan.

Apabila transaksi telah selesai, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetuji bahwa transaksi TIDAK DAPAT dibatalkan dengan alasan dan apapun dan transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi data yang telah di-input oleh Pengguna.

Pengguna dapat dikenakan biaya-biaya tertentu terkait dengan penggunaan layanan SOBATKU kepada Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Sahabat UKM, termasuk namun tidak terbatas pada biaya transaksi, biaya SMS (short message service), dan biaya lainnya yang akan diinformasikan kepada Pengguna melalui media komunikasi yang digunakan untuk produk Simpanan Sahabat. Penggunaan layanan  aplikasi SOBATKU menggunakan fasilitas layanan data, oleh karenanya pengguna akan dikenakan tarif akses data yang fasilitas, biaya dan ketentuan penggunaannya diatur oleh operator selular yang digunakan oleh Pengguna.

 

13. Keadaan Kahar (Force Mejeure)

 

Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU  ini oleh Sahabat UKM, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU apabila hal tersebut terjadi karena keadaan di luar kendali Sahabat UKM (force majeure), termasuk tapi tidak terbatas pada :

  • Bencana alam.
  • Peristiwa kebakaran, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya.
  • Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan jasa telekomunikasi.
  • Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat memberikan jasa telekomunikasi.

Pengguna akan membebaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, jika Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Sahabat UKM, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem transfer atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM  (KEMENKOP) atau lembaga berwenang lainnya.

Setelah kejadian yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, Sahabat UKM akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM (KEMENKOP).

Terkait peningkatan, perubahan, perbaikan dan atau pemeliharaan jaringan (network) dari sisi backend yang mengakibatkan aplikasi tidak dapat digunakan dan sudah terencana, pihak Sahabat UKM akan memberitahukan sebelum dilakukannya pemeliharaan.

 

14. Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi

 

Sahabat UKM peduli pada keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat melakukan transaksi dengan SOBATKU. Oleh karena itu, Sahabat UKM memiliki sistem keamanan pada saat Pengguna melakukan transaksi untuk memberikan kepastian kepada Pengguna bahwa transaksi dan informasi Pengguna aman.

Sahabat UKM menggunakan server yang aman untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) antar server  dan data tersebut hanya dapat diakses oleh petugas yang memiliki otorisasi khusus dan diharuskan untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi-informasi tersebut.

SOBATKU dilengkapi dengan fitur One Time Password (OTP) untuk setiap transaksi pembayaran dan transfer oleh Pengguna yang berguna untuk keamanan transaksi yang dilakukan pengguna serta memastikan bahwa  transaksi benar dilakukan oleh Pengguna akun SOBATKU bukan orang lain.

Pengguna SOBATKU wajib menjaga simcard atas nomor handphone Pengguna dan harus terjaga agar tidak hilang.

Pengguna SOBATKU wajib meregistrasikan simcard tersebut dengan memasukan data pribadi yang benar dan sesuai kartu identitas Pengguna (KTP/SIM/NPWP).

Dalam hal Sahabat UKM terbukti secara hukum menyebabkan terjadinya kegagalan dalam perlindungan data Nasabah yang menyebabkan kerugian bagi Nasabah, maka Sahabat UKM akan bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

15. Pernyataan dan Jaminan

 

  1. Sehubungan dengan pelaksanaan transaksi yang dilakukannya, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini.
  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnya terhadap nomor HP dan nomor HP alternatif yang berada dibawah penguasaannya dan kerahasiaan informasi data miliknya terkait untuk penggunaan layanan SOBATKU.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala penggunaan layanan SOBATKU, termasuk tapi tidak terbatas pada setiap risiko dan/atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna dan/atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan layanan SOBATKU.
  4. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa data-data yang diberikan/diisi pada saat pengguna melakukan registrasi adalah benar dan lengkap serta memastikan bahwa informasi yang diberikan tersebut adalah informasi terkini
  5. Segala dokumen yang telah diserahkan kepada Sahabat UKM baik berupa hardcopy ataupun  softcopy akan didokumentasikan oleh Sahabat UKM merupakan milik Sahabat UKM sehingga tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  6. Pengguna dengan ini bersedia dan memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk memberikan informasi terkait produk Sahabat UKM dan afiliasinya pada jam kerja Sahabat UKM.
  7. Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk mengalihkan layanan SOBATKU ke badan hukum sejenis lainnya, apabila diperlukan. Untuk melaksanakan hal tersebut, Pengguna bersedia untuk menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan baik secara elektronik mapun secara hardcopy.
  8. Pengguna setuju untuk membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian dari pihak manapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan pernyataan dan jaminan ini.

 

16. Lain-lain

 

Pengguna dapat membaca Syarat dan Ketetuan penggunaan SOBATKU dengan lebih lengkap dan mengetahui informasi terkini mengenai aplikasi Simpanan Sahabat. Dengan melakukan transaksi melalui SOBATKU ini, Pengguna menyatakan setuju untuk tunduk dan terikat Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU dan Syarat dan Ketentuan Umum Simpanan Sahabat UKM.

Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini tunduk, diatur dan dilaksanakan menurut hukum Republik Indonesia.

Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini, Sahabat UKM dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.

Pengguna dapat menghubungi Kontak Sahabat : 1500218 dan website www.betasobatku.co.id  untuk mengetahui informasi mengenai produk dan layanan SOBATKU atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.com.

SYARAT DAN KETENTUAN

 

1.       Definisi dan Terminologi

1.1.   Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati(KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM) adalah badan hukum berbentuk koperasi yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam.

1.2.     SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah layanan simpanan online berbasis mobile aplikasi yang      diterbitkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati (dengan merek dagang Sahabat UKM)

1.3.    Rekening SOBATKU adalah rekening simpanan yang dibuka oleh Pengguna yang disimpan pada server   platform micro-payment SOBATKU.

1.4.    Simpanan adalah nilai uang yang tersimpan di dalam rekening SOBATKU dan dapat digunakan oleh         Pengguna    untuk melakukan transaksi.

1.5.     Merchant adalah suatu institusi, perusahaan maupun perorangan yang melayani transaksi dengan               menggunakan SOBATKU.

1.6.    Calon Anggota merupakan individu yang mendaftar sebagai Pengguna produk layanan Sahabat UKM dan      tunduk kepada syarat dan ketentuan calon Anggota Sahabat UKM. Selanjutnya disebut Pengguna SOBATKU.

1.7.     Pengguna adalah pemakai aplikasi SOBATKU yang merupakan pemilik rekening SOBATKU di KSP Sahabat  Mitra Sejati.

1.8.     Nomor Handphone (HP) adalah nomor seluler yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses aplikasi      SOBATKU.

1.9.  Perangkat Telekomunikasi (Deviceadalah handset, tablet, atau telepon telekomunikasi lainnya yang    teknologinya mendukung layanan SOBATKU dan menggunakan Operating System(OS) Android dan IOS atau operating system lainnya yang akan ada dikemudian hari yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU.

1.10.  PIN (Personal Identification Number)adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pengguna untuk mengakses         layanan SOBATKU.

1.11.   Virtual Account (VA) merupakan nomor identifikasi pelanggan (end user) yang dibuat oleh Bank untuk              selanjutnya diberikan kepada Pengguna sebagai identifikasi penerimaan dana.

 1.12.   Akun adalah  akun yang diperoleh setelah Pengguna melakukan registrasi dan terdaftar sebagai Pengguna             SOBATKU.

1.13.   Bank adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan transaksi kerjasama dengan SOBATKU.

1.14. Transaksi adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan SOBATKU, antara lain        transaksi menabung, transaksi pembayaran, transaksi pengiriman uang, transaksi tarik tunai dan transaksi l  lainnya yang akan dikembangkan dikemudian hari.

1.15.   Transaksi Nabung adalah transaksi pengisian saldo atau penambahan dana yang dilakukan oleh Pengguna    pada Rekening SOBATKU.

1.16.   Rekening Dormant adalah rekening yang tidak ada transaksi selama 24 bulan, baik itu transaksi                    menabung/tarik   tunai/transfer saldo. Rekening dormant akan dikenakan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.

  1.  Rekening SOBATKU yang pasif, dalam hal ini tidak ada kegiatan transaksi selama 24 bulan akan menjadi rekening dormant. Lalu selama 24 bulan berikutnya jika saldo pada rekening dormant tersebut nihil (tidak ada saldo) maka KSP Sahabat Mitra Sejati akan melakukan penutupan rekening.
  2.  Pengaktifan rekening dormant, nasabah dapat menghubungi dengan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218) untuk dilakukan pengaktifan.

 

1.17.Sistem verifikasi Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) adalah proses pengecekan dan pencocokan antara data registrasi yang diinput nasabah pada aplikasi dengan data diri nasabah yang terdaftar pada sistem kependudukan pemerintah.

 

2.            Ketentuan Umum

 

2.1.      SOBATKU(Simpanan Online Sahabatku) adalah sebuah layanan simpanan online berbasis mobileaplikasi           yang  dapat digunakan Pengguna melalui smartphone miliknya.

2.2.     Pengguna SOBATKU dapat menggunakan seluruh operator baik pascabayar maupun prabayar untuk menjadi      pengguna SOBATKU.

2.3.     Untuk mengakses layanan SOBATKU, Pengguna wajib mengunduh dan menginstalasi aplikasi SOBATKU             pada smartphone miliknya serta melakukan aktivasi.

2.4.       Setiap nomor handphone hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) rekening SOBATKU.

2.5.    Pengguna dapat melakukan Transaksi sepanjang saldo Simpanan yang terdapat dalam Rekening SOBATKU     mencukupi.

2.6.       Tidak ada batas minimum saldo di Rekening SOBATKU.

2.7.    Pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1.        Memiliki kartu identitas diri yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan terdaftar di DUKCAPIL.
  2.        Nomor handphone (HP) harus aktif (tidak terblokir) untuk bisa menerima SMS.
  3.        Jaringan data internet tersedia.
  4.        Saldo SOBATKU mencukupi untuk melakukan Transaksi.

 

3.            Informasi Pengguna

3.1.       Pengguna SOBATKU dapat memiliki Saldo maksimal Rp20.000.000,-

3.2.     Jika rekening SOBATKU terblokir maka Pengguna tidak dapat melakukan login akun SOBATKU dan tidak dapat    melakukan transaksi.Pengguna dapat melakukan pembukaan blokir akun dan pengaktifan kembali rekening SOBATKU yang ditempuh dengan cara sebagai berikut :

  1.        Pengguna mengajukan pembukaan blokir ke call center/cabang.
  2.    Operator call center atau petugas cabang akan membantu proses pengaktifan kembali     rekening/pembukaan blokir akun SOBATKU.
  3.     Jika data nasabah belum sesuai verifikasi maka Pengguna akan diedukasi untuk melengkapi  data-data seperti upload KTP, upload foto diri memegang KTP, input nomor KTP, Alamat Domisili  dan Nama Ibu Kandung dalam jangka waktu 7x24 jam.
  4.     Atau Pengguna diberikan pilihan untuk transfer/tarik tunai atas seluruh saldo yang ada pada SOBATKU dan melakukan penutupan rekening.
  5.      Jika kegiatan pada butir 3 dan butir 4 tidak dilakukan setelah 7x24 jam maka akun akan dinon- aktifkan/terblokir kembali secara otomatis.
  6.    Untuk melakukan aktivasi kembali, ditempuh dengan cara melakukan kegiatan butir       1 sampai butir 4.

3.3.       Pengguna bersedia jika suatu saat Pengguna diminta melengkapi dokumen lainnya dan memberikan tanda             tangan basah.

3.4.       Proses verifikasi/validasi tentang kebenaran data Pengguna yang mendaftar sebagai Pengguna SOBATKU             sekaligus pemilik rekening tabunganadalah melalui verifikasi sistem Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) dan verifikasi KYC/visual foto yang nasabah upload saat registrasi.

 

 

4.            Registrasi dan Aktivasi

4.1.       Registrasi

Pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas diri, yaitu :

  1.      Nama Lengkap Sesuai KTP
  2.      No Handphone
  3.      Alamat Email
  4.      Tanggal lahir
  5.      PIN (6 digit), confirm PIN
  6.      Security Question – Answer
  7.      Nomor KTP
  8.      Upload KTP
  9.      Upload Foto Diri Memegang KTP
  10.      Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
  11.      Nama Ibu Kandung

 

Berikut adalah Field Registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :

            Nomor NPWP

            Referral Code (Kode Referal)

 

4.2.      Jika dokumen foto KTP yang diunggah (diupload) oleh Pengguna tidak jelas dan tidak dapat divalidasi atau            diverifikasi maka akan muncul notifikasi pada aplikasi SOBATKU dan melalui email yang menginformasikan bahwa Pengguna wajib mengunggah kembali foto KTP miliknya. Jika hal tersebut diatas masih tidak dapat dipenuhi oleh Pengguna maka rekening SOBATKU belum dapat teraktivasi. Silahkan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218).

4.3.  Hanya Pengguna dengan nomor HP Indonesia yang dapat melakukan registrasi akun SOBATKU.

4.4.       Aktivasi

Setelah registrasi berhasil, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan memasukan nomor PIN (6 digit angka). PIN ini merupakan fitur keamanan dalam bertransaksi.

 

5.        Masa Berlaku

 Rekening SOBATKU milik Pengguna akan selalu aktif dan berlaku selama nomor HP yang teregistrasi aktif.         Terkecuali jika terjadi hal-hal berikut :

  •     Apabila ada penutupan sepihak dari Sahabat UKM dengan alasan tertentu, misalnya adanya indikasi transaksi mencurigakan sesuai dengan ketentuan transaksi pada Sahabat UKM.
  •      Tidak melakukan transaksi selama 24 bulan, baik itu transaksi menabung/tarik tunai/transfer saldo/bayar,  beli dan top up biller yang menyebabkan rekening SOBATKU dormant. Rekening dormant akan dikenakan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku sebagai berikut :
  1.      Rekening yang dormant akan dikenakan biaya sesuai           ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.
  2.      Selama 24 bulan berikutnya setelah rekening dormant, jika     saldo pada rekening tersebut nihil      (tidak ada saldo) maka KSP   Sahabat Mitra Sejati akan melakukan penutupan rekening.
  3.     Pengaktifan rekening dormant, nasabah dapat menghubungi   dengan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218)   untuk dilakukan pengaktifan.

6.            Jenis-jenis Transaksi

6.1.       Transaksi SOBATKU yang dapat dilakukan oleh Pengguna saat ini adalah sebagai berikut:

  1.      Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking).
  2.      Setor tunai di ALFA.
  3.      Tarik Tunai di ALFA.
  4.      Transfer Sesama SOBATKU.
  5.      Transfer ke Nomor HP.
  6.      Transfer ke Rekening Bank.
  7.      Transfer Terjadwal & Berkala.
  8.      Bayar, Beli & Top Up Biller.

 

Berikut ini adalah detail penjelasan transaksi SOBATKU:

      Nabung melalui  Bank.

Pengguna dapat melakukan penambahan saldo melalui ATM Bank, M-Bnaking dan Internet Bankingdengan cara mentransfer sejumlah dana milik Pengguna pada rekening Bank ke rekening SOBATKU.

     Setor Tunai di ALFA.

Pengguna dapat melakukan penambahan saldo di kasir ALFA dengan menginfokan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.

       Tarik Tunai di ALFA.

Pengguna dapat melakukan penarikan dana tunai melalui Kasir ALFA dengan menyebutkan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.

 

 

      Transfer Sesama SOBATKU

Pengguna dapat mengirim dana melalui aplikasi SOBATKU ke sesama pengguna SOBATKU. Dana akan diterima secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.

Layanan transfer dana ini telah mendapatkan izin sesuai surat BI No. 20/71/DKSP/Srt/B.

      Transfer ke Nomor Handphone(HP)

Pengguna dapat mengirim saldo ke nomor HPyang belum terdaftarsebagai Pengguna SOBATKU.Jika dalam waktu 7 hari setelah uang di transfer dan nomor handphone (HP) belum melakukan registrasi dan masih belum terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU maka dana akan dikreditkan kembali ke rekening pengirim.

     Transfer ke Rekening Bank

Pengguna dapat mengirim dana melalui aplikasi SOBATKU ke rekening Bank. Dana akan diterima secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.

Layanan transfer dana ini telah mendapatkan izin sesuai surat BI No. 20/71/DKSP/Srt/B.

     Transfer Terjadwal & Berkala

Pengguna dapat melakukan transaksi transfer dana, pembayaran, pembelian dan top up biller secara terjadwal dengan waktu yang telah ditentukan sesuai keinginan Pengguna.

      Bayar, Beli dan Top Up Biller

Pengguna dapat melakukan transaksi bayar, beli dan top up biller atas beberapa biller melalui aplikasi SOBATKU. Transaksi dilakukan secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.

 

6.2.       Berikut ini adalah limit transaksi dalam melakukan transaksi menggunakan aplikasi SOBATKU :

NO.

FITUR 

LIMIT TRANSAKSI

1.

Menabung/Top-up

Minimum nominal top-up per transaksi

 Rp. 10.000

2.

Transfer sesama SOBATKU

Minimum nominal transfer per transaksi

Rp. 10.000

Maksimum nominal transfer per transaksi

Maksimum frekuensi transfer per hari

30

Maksimum frekuensi transfer per bulan

 300

Maksimum total nominal transfer per hari

Rp. 50.000.000

3.

Transfer ke Rekening Bank

Minimum nominal transfer per transaksi

Rp. 10.000

Maksimum nominal transfer per transaksi

Rp. 5.000.000

Maksimum frekuensi transfer per hari

10

Maksimum total nominal transfer per hari

Rp. 15.000.000

4.

 

Transfer ke No HP

Minimum nominal transfer per transaksi

 Rp. 10.000

Maksimum nominal transfer per transaksi

 Rp. 1.000.000

5.

Setor tunai ALFA

Minimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi

 Rp. 50.000

Maksimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi

Rp. 2.000.000

Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per hari

10

Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per bulan

300

Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per hari

Rp. 20.000.000

Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per bulan

Rp. 150.000.000

6.

Tarik tunai ALFA

Minimal nominal tarik tunai di toko  Alfa per transaksi

 Rp. 50.000

Maksimal nominal tarik tunai di toko Alfa per transaksi

 Rp. 500.000

Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per hari

40

Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per bulan

300

Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per hari

Rp. 20.000.000

Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per bulan

Rp. 150.000.000

 

6.3.       Limit-limit transaksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media           komunikasi yang ditentukan oleh SOBATKU

 

7.            Tentang Saldo

7.1.       Saldo Simpanan yang tersimpan dalam rekening SOBATKU :

  1.      Merupakan Simpanan yang tunduk kepada Undang-Undang tentang Perkoperasian dan peraturan          pelaksanaannya.
  2.    Tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
  3.     Pengguna dapat melakukan cek saldo melalui aplikasi SOBATKU dan mengunduh atau mengirimkan   histori transaksi finansial melalui email.
  4.     Pengguna mendapatkan bunga atas saldo simpanan yang ada pada SOBATKU dan bunga akan     dibayarkan setiap tanggal 1 (satu).
  5.     Saldo dalam rekening SOBATKU dapat melebihi batasan yang ada sesuai ketentuan (pada Bagian    3 mengenai Informasi Pengguna jika saldo maksimum yang tersimpan dalam rekening SOBATKU adalah sebesar Rp. 20.000.000) sepanjang hal tersebut terjadi karena pengembalian dana tolakan milik Pengguna SOBATKU (transaksi transfer ke nomor handphone yang belum terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU dimana dalam jangka waktu 7 hari nomor tersebut juga belum terdaftar), atau akibat pembayaran bunga oleh SOBATKU.

 

8.            Tentang PIN

8.1.       PIN (Personal  Identification Number) diperlukan untuk melakukan transaksi sebagai keabsahan atau verifikasi       bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna.

8.2.       PIN dapat diganti atau di-reset oleh Pengguna melalui aplikasi SOBATKU pada menu Ubah PIN.

8.3.       Untuk proses ganti PIN, kode verifikasi pembuatan PIN baru akan dikirimkan melalui SMS ke nomor                       HP Pengguna yang telah didaftarkan pada saat aktivasi.

8.4.       Apabila Pengguna lupa alamat email, dapat menghubungi Kontak Sahabat : 1500218

8.5.       Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan sepenuhnya bertanggungjawab atas penggunaan layanan               SOBATKU.

9.            Biaya Layanan

9.1.       Berikut ini biaya-biaya yang dikenakan pada aplikasi SOBATKU :

NO.

FITUR

BIAYA TRANSAKSI

1.

Menabung/Top-up melalui :

          ATM/Internet Banking Bank Sahabat Sampoerna

Rp. 0

          ATM/M-Banking/Internet Banking Jaringan Prima/Bersama

Sesuai biaya transfer jaringan prima/bersama

2.

Transfer ke Rekening Bank

Rp. 0

          Tujuan Bank Sahabat Sampoerna

Rp. 0

          Tujuan Bank Jaringan Prima

Rp. 4.000

3.

Transfer Sesama SOBATKU

Rp. 0

4.

Transfer ke No HP

Rp. 0

5.

Setor tunai ALFA (Disesuaikan dengan limit transaksi Loket Sahabat)

Rp. 0

6.

Tarik tunai ALFA (Disesuaikan dengan limit transaksi Loket Sahabat)

Rp. 0

7.

Pembayaran Biller

          Pembayaran PLN Listrik

Rp 750

          Pembayaran PLN Non Tagihan Listrik

Rp 750

          Pembayaran Telkom (Telepon Rumah)

Rp 1.000

          Pembayaran Internet Speedy

Rp 1.000

          Pembayaran PDAM

Rp 2.500

          Pembayaran TV Berbayar (Indovision, Okevision, Top TV, dan Tren TV)

Rp 0

          Pembayaran TV Berbayar (Transvision dan Yes TV)

Rp 1.000

          Pembayaran HP Pasca Bayar (Kartu Halo, Smartfren dan Indosat Matrix)

Rp 0

          Pembayaran Net 1

Rp 0

          Pembelian Pulsa :

Indosat : nominal 5.000 & 25.000

Indosat : nominal 10.000

Indosat : nominal 20.000 – 100.000

Smartfren : nominal 5.000 & 10.000

Smartfren : nominal 25.000 – 300.000

Three : nominal 5.000 & 10.000

Three : nominal 20.000 – 300.000

Telkomsel : nominal 5.000 – 20.000

Telkomsel : nominal 25.000 – 300.000

XL : nominal 5.000 & 10.000

XL : nominal 25.000 – 300.000

Net 1 : nominal 50.000 – 500.000

Bolt : nominal 25.000 – 200.000

Rp 1.000

Rp 1.500

Rp 0

Rp 1.000

Rp 0

Rp 1.000

Rp 0

Rp 1.000

Rp 0

Rp 1.000

Rp 0

Rp 0

Rp 0

          Top Up GOPAY

Rp 0

Keterangan : Biaya dapat berubah sewaktu-waktu

 

9.2.       Biaya isi saldo melalui jaringan ATM Bersama/ALTO/PRIMA akan dibebankan oleh Bank pengirim dan besarnya     ditentukan oleh bank pengirim tersebut.

9.3.       Biaya-biaya transaksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media        komunikasi yang ditentukan oleh Sahabat UKM.

 

10.         Pemblokiran Rekening

10.1.   Rekening/Akun SOBATKU dapat terblokir (non-aktif) :

  1.        Apabila Pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
  2.        Apabila diminta oleh Pengguna.
  3.      Apabila perlu dilakukan oleh Sahabat UKM baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna atas suatu alasan tertentu.

 

10.2.   Untuk Rekening SOBATKU yang terblokir, maka Pengguna :

  1.        Tidak dapat melakukan transaksi finansial.
  2.        Tidak dapat melakukan tarik tunai atau transaksi pendebetan lainnya.
  3.        Dapat diaktifkan kembali (buka blokir).

 

10.3.   Sahabat UKM berhak untuk memblokir rekening SOBATKU milik Pengguna secara sepihak dengan atau tanpa     pemberitahuan dalam hal terjadi salah satu kejadian sebagai berikut :

  1.        Atas permintaan otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
  2.      Apabila Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU      menurut kebijakan Sahabat UKM semata-mata.
  3.     Apabila Pengguna memberikan informasi yang tidak benar atau menyesatkan pada saat registrasi   SOBATKU.
  4.       Apabila terdapat dugaan penyalahgunaan SOBATKU untuk  kegiatan yang melanggar hukum.

10.4.   Pembukaan atas rekening yang diblokir yang sementara dapat dilakukan melalui Kontak Sahabat : 1500218.

  1.         Rekening SOBATKU tidak terblokir secara permanen; atau
  2.         Disetujui oleh Sahabat UKM.

 

10.5.   Bagi rekening SOBATKU yang telah ditutup :

  1.        Data informasi Pengguna akan disimpan dalam arsip elektronik   dalam jangka waktu sesuai ketentuan     yang berlaku.
  2.        Tetap harus tunduk pada Syarat dan Ketentuan Simpanan.

11.       Penutupan dan Pengembalian Simpanan

11.1.   Pengguna dapat mengajukan permohonan penutupan rekening SOBATKU   dan pengembalian dana melalui       Kontak Sahabat : 1500218.

11.2.   Ketentuan mengenai penengembalian / penarikan dana mengacu kepada     kebijakan dan ketentuan Sahabat     UKM yang berlaku.

11.3.   Rekening SOBATKU yang telah ditutup secara permanen tidak dapat         diaktifkan kembali dan Pengguna tidak   dapat mengakses layanan       SOBATKU.

11.4.   Apabila di kemudian hari Pengguna berkeinginan untuk membuka   rekening SOBATKUkembali, maka pengguna   harus registrasi dengan nomor handphone yang berbeda.

 

12.       Batas Pertanggung Jawaban

12.1.  Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data Pengguna, Pengguna        wajib mengingat dan menjaga          kerahasiaan informasi data Pengguna yang dimilikinya (antara lain tidak terbatas pada nomor HP yang digunakan, PIN atau data lainnya yang diberikan oleh Pengguna/diterima oleh Pengguna terkait untuk pelaksanaan transaksi) maupun segala aktivitas/transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dan tidak memberitahukannya kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi data akun yang dimilikinya.

12.2.   Pengguna wajib menjaga Nomor HP miliknya dari antara lain kehilangan/kerusakan, mencegah agar Nomor HP     miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan.

 

12.3.   Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa KSP Sahabat Mitra Sejatitidak bertanggung jawab atas   hal-hal berikut (tetapi tidak terbatas pada) :

  1.       Kehilangan atau kerusakan HP/smartphone/perangkat      telekomunikasi, maupun nomor HP.
  2.      Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan SOBATKU yang terindikasi melanggar hukum dan     atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
  3.     Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan atau terdapat gangguan pada  sistem layanan SOBATKU akibatkeadaan kahar (force majeure)seperti yang tertera pada pasal keadaan kahar (force majeure).

 

12.4.   Apabila Pengguna kehilangan smartphone, baik karena dicuri, hilang, atau    sebab apapun, Pengguna                  wajib  menghubungi Kontak Sahabat : 1500218 dalam jangka waktu 1x24 jam untuk melakukan pemblokiran rekening Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU). Pengguna  dengan ini membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala risiko dan akibat yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan kehilangan Nomor HP tersebut maupun kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ayat ini dan karenanya hal tersebut menjadi risiko dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna.

12.5.   Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui aplikasi SOBATKU merupakan milik Sahabat UKM sesuai        dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia, dan karenanya penggunaan layanan yang terdapat pada aplikasi SOBATKU ini tidak dapat dianggap sebagai pengalihan hak kepemilikan kepada Pengguna.

12.6.   Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui penggunaan layanan SOBATKU, tunduk pada termasuk tapi     tidak terbatas pada syarat dan ketentuan penggunaan SOBATKU, maupun ketentuan peraturan yang berlaku di  Indonesia dari waktu ke waktu tentang Simpanan.

12.7.   Sahabat UKM atas pertimbangannya sendiri berhak untuk menutup akun pengguna tanpa menginformasikan         alasan ataupun penyebab ditutupnya akun tersebut.

12.8.   Pengguna dengan ini wajib melakukan pengecekan dan memastikan segala informasi data yang di-input pada      saat melakukan transaksi adalah benar. Oleh karenanya, Pengguna membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan dan atau ganti  kerugian dari Pengguna maupun  pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian penggunaan.

12.9. Apabila transaksi telah selesai, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetuji bahwa transaksi TIDAK DAPAT  dibatalkan dengan alasan dan apapun dan transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi data yang telah di-input oleh Pengguna.

12.10. Pengguna dapat dikenakan biaya-biaya tertentu terkait dengan penggunaan layanan SOBATKU kepada   Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Sahabat UKM, termasuk namun tidak terbatas   pada biaya transaksi, biaya SMS (short message service), dan biayalainnya   yang akan diinformasikan kepada Pengguna melalui media komunikasi yang digunakan untuk produk Simpanan Sahabat. Penggunaan layanan  aplikasi SOBATKU menggunakan fasilitas layanan data, oleh karenanya pengguna akan dikenakan tarif akses data yang fasilitas, biaya dan ketentuan penggunaannya diatur oleh operator selular yang digunakan oleh Pengguna.

 

13.           Keadaan Kahar (Force Mejeure)

13.1.   Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat  dan Ketentuan penggunaan SOBATKU  ini oleh Sahabat UKM, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU apabila hal tersebut terjadi karena keadaan diluar kendali Sahabat UKM (force majeure), termasuk tapi tidak terbatas pada :

  1.       Bencana alam.
  2.       Peristiwa kebakaran, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya.
  3.    Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan jasa telekomunikasi.
  4.      Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat memberikan jasa telekomunikasi.

 

13.2.   Pengguna akan membebaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, jika Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan  instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Sahabat UKM, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem transfer atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM  (KEMENKOP) atau lembaga berwenang lainnya.

 

13.3.  Setelah kejadian yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir,  Sahabat UKM akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM (KEMENKOP).

 

13.4.  Terkait peningkatan, perubahan, perbaikan dan atau pemeliharaan jaringan (network) dari sisi backend yang        mengakibatkan aplikasi tidak dapat digunakan dan sudah terencana, pihak Sahabat UKM akan memberitahukan sebelum dilakukannya pemeliharaan.

 

14.       Keamanan dan Kerahasiaan Transaksi

 

14.1.  Sahabat UKM peduli pada keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat melakukan transaksi dengan      SOBATKU. Oleh karena itu, Sahabat UKM memiliki sistem keamanan pada saat Pengguna melakukan transaksi untuk memberikan kepastian kepada Pengguna bahwa transaksidan informasi Pengguna aman.

14.2.   Sahabat UKM menggunakan server yang aman untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) antar server  dan data tersebut hanya dapat diakses oleh petugas yang memiliki otorisasi khusus dan diharuskan untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi-informasi tersebut.

14.3.  SOBATKU dilengkapi dengan fitur One Time Password (OTP) untuk setiap transaksi pembayaran dan transfer  oleh Pengguna yang berguna untuk keamanan transaksi yang dilakukan pengguna serta memastikan bahwa  transaksi benar dilakukan oleh Pengguna akun SOBATKU bukan orang lain.

14.4. Pengguna SOBATKU wajib menjaga simcard atasnomor  handphone Pengguna dan harus terjaga agar tidak   hilang.

14.5.   Pengguna SOBATKU wajib meregistrasikan simcardtersebut dengan memasukan data pribadi yang benar dan       sesuai kartu identitas Pengguna (KTP/SIM/NPWP).

14.6.  Dalam hal Sahabat UKM terbukti secara hukum menyebabkan terjadinya kegagalan dalam perlindungan data      Nasabah yang menyebabkan kerugian bagi Nasabah, maka Sahabat UKM akan bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

15.       Pernyataan dan Jaminan

15.1.  Sehubungan dengan pelaksanaan transaksi yang dilakukannya, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini.

 15.2.   Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnyaterhadap nomor HP yang            berada dibawah penguasaannya dan kerahasiaan informasi data miliknya terkait untuk penggunaan layanan                  SOBATKU.

15.3.   Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala          penggunaan layanan SOBATKU, termasuk tapi tidak terbatas pada setiap risiko dan/atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna dan/atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan layanan SOBATKU. 

15.4.   Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa data-data yang diberikan/diisi pada saat pengguna          melakukan registrasi adalah benar dan lengkap serta memastikan bahwa informasi yang diberikan tersebut adalah informasi terkini 

15.5.   Segala dokumen yang telah diserahkan kepada Sahabat UKM baik berupa hardcopy  ataupun  softcopy akan     didokumentasikan oleh Sahabat UKM merupakan milik Sahabat UKM sehingga tidak dapat dikembalikan dengan   alasan apapun.

15.6.   Pengguna dengan ini bersedia dan memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk memberikan informasi   terkait produk  Sahabat UKM dan afiliasinya pada jam kerja Sahabat UKM.

15.7.   Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk mengalihkan layanan SOBATKU ke   badan hukum sejenis lainnya, apabila diperlukan. Untuk melaksanakan hal tersebut, Pengguna bersedia untuk   menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan baik secara elektronik mapun secara hardcopy.

 

15.8.   Pengguna setuju untuk membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau   ganti kerugian dari pihak manapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan         pernyataan dan jaminan ini.

 

16.       Poin dan Undian

 

16.1.   Undian dan Hadiah

Nominal hadiah undian SOBATKU adalah sebagai berikut:

      1. Rp 100.000.000
      2. Paket Ibadah Umrah senilai @Rp 25.000.000
      3. Rp 10.000.000
      4. Rp 5.000.000
      5. Rp 1.000.000
      6. Rp 500.000
      7. Rp 100.000 

Informasi lebih lanjut mengenai ketentuanjumlah hadiah setiap nominal hadiah, dan jadwalundian SOBATKU dapat dilihat di www.sobatku.co.id/undian

16.2.   Aturan Sistem Poin dan Hadiah Undian

   ATURAN UMUM

  1.  Pengguna SOBATKU mendapatkan poin yang otomatis diikutsertakan dalam program undian SOBATKU, apabila   pengguna memenuhi kriteria eligible untuk ikut undian, yaitu:
  2.  Status pengguna SOBATKU aktif/tidak terblokir.
  3.  Memiliki saldo rata-rata pada bulan periode undian minimal Rp 50.000.
  4.  Poin diperoleh pengguna SOBATKU dari registrasi, perhitungan saldo rata-rata harian dan program promo.
  5.  Perhitungan poin saldo akan dilakukan setiap akhir bulan.
  6.  Poin yang dimiliki oleh pengguna diperbarui pada aplikasi SOBATKU setiap tanggal 1 pada bulan berikutnya.  Penarikan undian dilakukan pada minggu ke 1 atau minggu ke 2 bulan berikutnya.

Contoh : Poin bulan Oktober dapat dilihat pada aplikasi SOBATKU per tanggal 1 November dan diundi pada 14 November.

    1. Poin peserta undian diikutsertakan dalam pengundian setiap nominal hadiah (selama pengguna masih memiliki poin). 1 poin terpakai setiap memenangkan 1 hadiah. Poin yang didapatkan nasabah akan diikusertakan dalam undian bulanan reguler dan undian 3 bulanan (Grandprize).
    2. Peserta undian diperkenankan untuk memenangkan hadiah  undian nominal Rp 100.000, Rp 500.000, dan Rp 1.000.000, lebih dari 1 kali dalam setiap bulan penarikan undian. Maksimal jumlah hadiah yang dapat diterima pada nominal tersebut adalah Rp 5.000.000.
    3.  Jika peserta undian memenangkan hadiah Rp 5.000.000, Rp 10.000.000, hadiah Umrah dan Rp 100.000.000, maka tidak diperkenankan memenangkan hadiah Rp 100.000, Rp 500.000, dan Rp 1.000.000. Hadiah nominal kecil hangus dan dilakukan undi ulang untuk mengisi kuota pemenang pada periode tersebut.
    4. Hadiah yang berhak didapatkan oleh pemenang undian Rp 5.000.000, Rp 10.000.000, hadiah Umrah dan Rp 100.000.000 adalah hadiah dengan nominal tertinggi.
    5. Pengumuman pemenang undian akan disampaikan melalui  SMS, dan/atau email, website SOBATKU, media sosial.

 

 

      ATURAN UNDIAN BULANAN REGULER

    1. Undian bulanan dilakukan berdasarkan jumlah poin yang dimiliki oleh pengguna SOBATKU di setiap bulan periode undian.
    2. Poin akan diperbarui pada bulan berikutnya sesuai dengan perhitungan saldo rata-rata yang dimiliki pengguna pada bulan periode undian tersebut, sehingga apabila pengguna tidak melakukan penambahan saldo, pengguna akan tetap mendapatkan poin saldo berdasarkan saldo mengendap pada bulan berjalan. Hal ini dikarenakan poin saldo dihitung berdasarkan saldo rata-rata harian setiap akhir bulan.

ATURAN UNDIAN GRAND PRIZE

    1. Undian Grand Prizedilakukan setiap 3 bulan sekali untuk periode poin : Januari – Maret, April – Juni, Juli – September dan Oktober – Desember.
    2. Khusus untuk undian hadiah Grand Prize, poin yang diundi adalah akumulasi poin yang didapat pengguna pada periode Grand Prize 3 bulanan tersebut. Sedangkan untuk undian hadiah reguler pada bulan pengundian Grand Prize, poin yang diundi adalah poin yang didapat pengguna pada periode 1 (satu) bulan tersebut.

Contoh:

Pelaksanaan acara undian pada bulan Oktober 2019 adalah pengundian untuk periode poin Juli sampai dengan September 2019. Pada bulan Oktober tersebut, maka akan dilakukan undian Grand Prize dan undian bulanan reguler pada waktu yang sama. Pengguna A, memiliki poin pada bulan Juli sampai Agustus dengan keterangan sebagai berikut:

  

Juli                   : 5000 poin

Agustus            : 5000 poin

September      :  5000 poin

 

    1. Dengan demikian, poin yang akan diikut sertakan pada Grand Prize adalah total poin pada periode 3 bulan tersebut, yaitu 15.000 poin. Sedangkan, poin yang akan diikutsertakan pada undian bulanan reguler adalah poin yang dimiliki pengguna pada bulan September saja, yaitu 5000 poin.
    2. Pada periode Grand Prize selanjutnya, poin akan diperbarui sesuai dengan akumulasi poin 3 bulanan pada periode yang berjalan.

 

16.3.   Jenis Poin SOBATKU

Poin SOBATKU terdiri dari 3 jenis, yaitu:

  1.       Poin Registrasi

         Pengguna yang telah melakukan download dan registrasi SOBATKU akan mendapatkan 10 poin                     setelah melakukan registrasi.

  1.       Poin Saldo

         Poin saldo diperoleh dari perhitungan saldo rata-rata harian, dengan mekanisme perolehan poin seperti           contoh dibawah ini. Adapun perolehan poin pada tiap-tiap tiering saldo rata-rata dijelaskan sebagai                 berikut :

 

 

Tiering

Saldo Rata-rata

Jumlah Poin

A

< Rp 500.000

Setiap Rp 50.000 = 10 poin

B

 Rp 500.000 s.d.<Rp 10.000.000

Setiap Rp 50.000 = 30 poin

C

≥ Rp 10.000.000

Setiap Rp 50.000 = 40 poin

 

 

 

 

 

Contoh perhitungan poin saldo SOBATKU dijelaskan sebagai berikut:

Tiering

Saldo Rata-rata

Jumlah Poin

A

Rp 200.000

40 poin

B

 Rp 1.000.000

600 poin

C

Rp 10.000.000

8.000 poin

 

 

 

 

Perhitungan poin :

  1.       Tiering A :

          Rp 200.000/ Rp 50.000 x 10 poin     = 40 poin

  1.        Tiering B :

           Rp 1.000.000/ Rp 50.000 x 30 poin  = 600 poin

  1.        Tiering C :

           Rp 10.000.000/ Rp 50.000 x 40 Poin  = 8.000 poin

Contoh perhitungan saldo rata-rata adalah sebagai berikut :

Contoh Rekening A

Contoh Rekening B

17.       Lain-lain

17.1.   Pengguna dapat membaca Syarat dan Ketetuan penggunaan SOBATKU dengan lebih lengkap dan mengetahui   informasi terkini mengenai aplikasi Simpanan Sahabat. Dengan melakukan transaksi melalui SOBATKU ini,  Pengguna menyatakan setuju untuk tunduk dan terikat Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU dan Syarat  dan Ketentuan Umum Simpanan Sahabat UKM.

17.2.   Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini tunduk, diatur dan dilaksanakan menurut hukum Republik   Indonesia.

17.3.   Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu.

17.4.   Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini,   Sahabat UKM dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat.

17.5.   Pengguna dapat menghubungi Kontak Sahabat : 1500218 dan website www.sobatku.co.id untuk mengetahui   informasi mengenai produk dan layanan SOBATKU atau email ke picsobatku@sahabat-ukm.com.