SYARAT DAN KETENTUAN

 

DEFINISI DAN TERMINOLOGI

  1. Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati(KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM) adalah badan hukum berbentuk koperasi yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam.
  2. SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah layanan simpanan online berbasis mobile aplikasi yang diterbitkan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati (dengan merek dagang Sahabat UKM)
  3. Rekening SOBATKU adalah rekening simpanan yang dibuka oleh Pengguna yang disimpan pada server platform micro-payment
  4. SOBATKU Premium adalah layanan simpanan SOBATKU dengan limit saldo hingga Rp 100.000.000(seratus juta rupiah).
  5. Simpanan adalah nilai uang yang tersimpan di dalam rekening SOBATKU dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi.
  6. Simpanan Berjangka SOBATKU adalah produk simpanan SOBATKU yang memberikan imbal hasil dengan suku bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu tertentu.
  7. Merchant adalah suatu institusi, perusahaan maupun perorangan yang melayani transaksi dengan menggunakan SOBATKU.
  8. Calon Anggota merupakan individu yang mendaftar sebagai Pengguna produk layanan Sahabat UKM dan tunduk kepada syarat dan ketentuan calon Anggota Sahabat UKM. Selanjutnya disebut Pengguna
  9. Pengguna adalah pemakai aplikasi SOBATKU yang merupakan pemilik rekening SOBATKU di KSP Sahabat Mitra Sejati.
  10. Pengguna Sobatku Premium adalah pengguna aplikasi Sobatku yang telah melengkapi persyaratan data tambahan untuk menjadi pengguna Premium.
  11. Nomor Handphone (HP) adalah nomor seluler yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses aplikasi SOBATKU.
  12. Perangkat Telekomunikasi (Device) adalah handset, tablet, atau telepon telekomunikasi lainnya yang teknologinya mendukung layanan SOBATKU dan menggunakan Operating System(OS) Android dan IOS atau operating system lainnya yang akan ada dikemudian hari yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU.
  13. PIN (Personal Identification Number)adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pengguna untuk mengakses layanan SOBATKU.
  14. Virtual Account(VA) merupakan nomor identifikasi pelanggan (end user) yang dibuat oleh Bank untuk selanjutnya diberikan kepada pengguna (perorangan maupun non perorangan) sebagai identifikasi penerimaan dana.
  15. Akun adalah akun yang diperoleh setelah Pengguna melakukan registrasi dan terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU.
  16. Bank adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan transaksi kerjasama dengan SOBATKU.
  17. Transaksi adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan SOBATKU, antara lain transaksi menabung, transaksi pembayaran, transaksi pengiriman uang, transaksi tarik tunai dan transaksi lainnya yang akan dikembangkan dikemudian hari.
  18. Transaksi Nabung adalah transaksi pengisian saldo atau penambahan dana yang dilakukan oleh pengguna SOBATKU untuk penambahan saldo Rekening vitual
  19. Rekening Dormant adalah rekening yang tidak ada transaksi selama 24 bulan, baik itu transaksi menabung/tarik tunai/transfer saldo. Rekening dormant akan dikenakan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.
    • Rekening SOBATKU yang pasif, dalam hal ini tidak ada kegiatan transaksi selama 24 bulan akan menjadi rekening dormant. Lalu selama 24 bulan berikutnya jika saldo pada rekening dormant tersebut nihil (tidak ada saldo) maka KSP Sahabat Mitra Sejati akan melakukan penutupan rekening.
    • Pengaktifan rekening dormant, nasabah dapat menghubungi dengan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218) untuk dilakukan pengaktifan.
      • Sistem verifikasi Data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) adalah proses pengecekan dan pencocokan antara data registrasi yang diinput nasabah pada aplikasi dengan data diri nasabah yang terdaftar pada sistem kependudukan pemerintah.

KETENTUAN UMUM

    1. SOBATKU(Simpanan Online Sahabatku) adalah sebuah layanan simpanan online berbasis mobileaplikasi yang dapat digunakan Pengguna melalui smartphone miliknya.
    2. Pengguna SOBATKU dapat menggunakan seluruh operator baik pascabayar maupun prabayar untuk menjadi pengguna SOBATKU.
    3. Untuk mengakses layanan SOBATKU, Pengguna wajib mengunduh dan menginstalasi aplikasi SOBATKU pada smartphone miliknya serta melakukan aktivasi.
    4. Setiap nomor handphonehanya dapat digunakan untuk 1 (satu) rekening SOBATKU.
    5. Pengguna dapat melakukan Transaksi sepanjang saldo Simpanan yang terdapat dalam Rekening SOBATKU mencukupi.
    6. Tidak ada batas minimum saldo di Rekening SOBATKU.
    7. Pengguna dapat menggunakan layanan SOBATKU, dengan ketentuan sebagai berikut:
      • Memiliki kartu identitas diri yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan terdaftar di DUKCAPIL.
      • Nomor handphone (HP) harus aktif (tidak terblokir) untuk bisa menerima SMS.
      • Jaringan data internet tersedia.
      • Saldo SOBATKU menukupi untuk melakukan Transaksi.

INFORMASI PENGGUNA

    1. Pengguna SOBATKU dapat memiliki Saldo maksimal Rp 20,000,000,-
    2. Pengguna SOBATKU Premium dapat memiliki Saldo maksimal Rp 100,000,000,-
    3. Jika rekening SOBATKU terblokir maka Pengguna tidak dapat melakukan login akun SOBATKU dan tidak dapat melakukan transaksi.Pengguna dapat melakukan pembukaan blokir akun dan pengaktifan kembali rekening SOBATKU yang ditempuh dengan cara sebagai berikut:
      1. Pengguna mengajukan pembukaan blokir ke call center/cabang.
      2. Operator call center atau petugas cabang akan membantu proses pengaktifan kembali rekening/pembukaan blokir akun SOBATKU.
      3. Jika data nasabah belum sesuai verifikasi maka Pengguna akan diedukasi untuk melengkapi data-data seperti upload KTP, upload foto diri memegang KTP, input nomor KTP, Alamat Domisili dan Nama Ibu Kandung dalam jangka waktu 7×24 jam.
      4. Atau Pengguna diberikan pilihan untuk transfer/tarik tunai atas seluruh saldo yang ada pada SOBATKU dan melakukan penutupan rekening.
      5. Jika kegiatan pada butir 3 dan butir 4 tidak dilakukan setelah 7×24 jam maka akun akan dinon-aktifkan/terblokir kembali secara otomatis.
      6. Untuk melakukan aktivasi kembali, ditempuh dengan cara melakukan kegiatan butir 1 sampai butir 4.
    4. Pengguna bersedia jika suatu saat Pengguna diminta melengkapi dokumen lainnya dan memberikan tanda tangan basah.
    5. Proses verifikasi/validasi tentang kebenaran data Pengguna yang mendaftar sebagai Pengguna SOBATKU sekaligus pemilik rekening tabunganadalah melalui verifikasi sistem Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) dan verifikasi KYC/visual foto yang nasabah upload saat registrasi.

REGISTRASI DAN AKTIVASI

    1. Registrasi
      Pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas diri, yaitu:
      1. Nama Lengkap Sesuai KTP
      2. No Handphone
      3. Alamat Email
      4. Tanggal lahir
      5. PIN (6 digit), Konfirmasi PIN
      6. Pertanyaan keamanan besertajawaban
      7. Nomor KTP
      8. Upload KTP
      9. Upload Foto Diri Memegang KTP
      10. Alamat Domisili (jika berbeda dengan alamat KTP)
      11. Nama Ibu KandungBerikut adalah Field Registrasi Opsional yang dapat diisi oleh Pengguna sewaktu-waktu :
        • Nomor NPWP
        • Referral Code (Kode Referal)
    2. Peningkatan status menjadi Sobatku Premium
      Untuk meningkatkan  status menjadi Sobatku Premium, maka Pengguna wajib memiliki:
      1. Nomor Rekening Pengguna di Bank Sahabat Sampoerna; atau
      2. Rekening Simpanan Pengguna di Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati selain nomor Sobatku;

      Dan lengkapi data tambahan seperti :

      1. Sumber Dana
      2. Nominal Penghasilan per Bulan
      3. Pekerjaan
      4. Jabatan
      5. Tujuan Pembukaan Rekening
    3. Jika dokumen foto KTP yang diunggah (diupload) oleh Pengguna tidak jelas dan tidak dapat divalidasi atau diverifikasi maka akan muncul notifikasi pada aplikasi SOBATKU dan melalui email yang menginformasikan bahwa Pengguna wajib mengunggah kembali foto KTP miliknya. Jika hal tersebut diatas masih tidak dapat dipenuhi oleh Pengguna maka rekening SOBATKU belum dapat teraktivasi. Silahkan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218).
    4. Hanya Pengguna dengan nomor HP Indonesia yang dapat melakukan registrasi akun SOBATKU.
    5. Verifikasi email perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa email yang didaftarkan adalah milik Kamu. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi email:Pengguna baru:
      1. Pengguna masuk ke menu “Daftar” pada aplikasi SOBATKU;
      2. Pengguna harus mengisi data diri dengan lengkap;
      3. Setelah mengisi data diri lengkap, pengguna harus menyelesaikan proses registrasi,
      4. Selanjutnya, Klik link yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan SOBATKU.

      Pengguna lama:

      1. Pengguna login ke akun SOBATKU
      2. Pengguna masuk ke menu “Akun Saya”
      3. Pengguna menekan tombol “Verifikasi Email” yang ada di menu “Akun Saya”
      4. Selanjutnya, Klik link yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarkan SOBATKU.
    6. Aktivasi
      Setelah registrasi berhasil, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan memasukan nomor PIN (6 digit angka). PIN ini merupakan fitur keamanan dalam bertransaksi.

MASA BERLAKU
Rekening SOBATKU milik Pengguna akan selalu aktif dan berlaku selama nomor HP yang teregistrasi aktif. Terkecuali jika terjadi hal-hal berikut :

  • Apabila ada penutupan sepihak dari Sahabat UKM dengan alasan tertentu, misalnya adanya indikasi transaksi mencurigakan sesuai dengan ketentuan transaksi pada Sahabat UKM.
  • Tidak melakukan transaksi selama 24 bulan, baik itu transaksi menabung/tarik tunai/transfer saldo/bayar, beli dan top up biller yang menyebabkan rekening SOBATKU dormant. Rekening dormant akan dikenakan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku sebagai berikut :
    1. Rekening yang dormant akan dikenakan biaya sesuai ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.
    2. Selama 24 bulan berikutnya setelah rekening dormant, jika saldo pada rekening tersebut nihil (tidak ada saldo) maka KSP Sahabat Mitra Sejati akan melakukan penutupan rekening.
    3. Pengaktifan rekening dormant, nasabah dapat menghubungi dengan menghubungi call center (Kontak Sahabat 1500218) untuk dilakukan pengaktifan.

JENIS-JENIS TRANSAKSI
A. Transaksi SOBATKU yang dapat dilakukan oleh Pengguna saat ini adalah sebagai berikut:

    • Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking).
    • Setor tunai di
    • Tarik Tunai di ALFA.
    • Transfer Sesama SOBATKU.
    • Transfer ke Nomor HP.
    • Transfer ke Rekening Bank.
    • Transfer Terjadwal & Berkala.
    • Bayar, Beli & Top Up Biller.
    • Belanja offline dengan QR Code.
    • Donasi melalui SOBAT PEDULI.
    • Pembelian asuransi CIGNA.

        Berikut ini adalah detail penjelasan transaksi SOBATKU:

    1. Nabung melalui
      Pengguna dapat melakukan penambahan saldo melalui ATM Bank, M-Bnaking dan Internet Banking dengan cara mentransfer sejumlah dana milik Pengguna pada rekening Bank ke rekening SOBATKU.
    2. Setor Tunai
      Pengguna dapat melakukan penambahan saldo di kasir ALFA dengan menginfokan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.
    3. Tarik Tunai di ALFA.
      Pengguna dapat melakukan penarikan dana tunai melalui Kasir ALFA dengan menyebutkan nomor handphone yang sudah diregistrasi sebagai nomor rekening SOBATKU.
    4. Transfer Sesama SOBATKU
      Pengguna melalui aplikasi SOBATKU. Dana akan diterima secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.
      Layanan transfer dana ini telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia sesuai Tanda Izin No. 20/218/DKSP/77 tanggal 22 Februari 2018.Jam layanan transaksi ini akan offline pada pukul 23.30 – 00.30..
    5. Transfer ke Nomor Handphone(HP)
      Pengguna dapat mengirim saldo ke nomor HPyang belum terdaftarsebagai Pengguna SOBATKU.Jika dalam waktu 7 hari setelah uang di transfer dan nomor handphone (HP) belum melakukan registrasi dan masih belum terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU maka dana akan dikreditkan kembali ke rekening pengirim. Jam layanan transaksi ini akan offline pada pukul 23.30 – 00.30.
    6. Transfer ke Rekening Bank
      Pengguna melalui aplikasi SOBATKU. Dana akan diterima secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.
      Layanan transfer dana ini telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia sesuai Tanda Izin  No. 20/218/DKSP/77 tanggal 22 Februari 2018. Jam layanan transaksi ini akan offline pada pukul 23.30 – 00.30
    7. Transfer Terjadwal & Berkala
      Pengguna dapat melakukan transaksi transfer dana, pembayaran, pembelian dan top up biller secara terjadwal dengan waktu yang telah ditentukan sesuai keinginan Pengguna.
    8. Bayar, Beli dan Top Up BillerPengguna dapat melakukan transaksi bayar telkom, bayar internet, bayar HP pasca bayar, bayar PDAM, bayar KAI dan bayar asuransi BPJS kesehatan, beli pulsa, beli token listrik dan top up Gopay melalui aplikasi SOBATKU.Transaksi dilakukan secara langsung atau real-time beserta dengan notifikasi di aplikasi dan riwayat transaksi.
    9. Belanja offline dengan QR Code
      Pengguna dapat melakukan transaksi dengan QR Code untuk transaksi pembayaran Alfa, Pembayaran merchant yang sudah bekerjasama dengan SOBATKU dan pembayaran parkir.
    10. Donasi melalui SOBAT PEDULI
      Pengguna dapat melakukan donasi, infaq dan zakat melalui aplikasi SOBATKU.
    11. Pembelian asuransi CIGNA
      Pengguna dapat melakukan pembelian asuransi CIGNA melalui aplikasi SOBATKU

B. Berikut ini adalah limit transaksi dalam melakukan transaksi menggunakan SOBATKU:

No FITUR LIMIT TRANSAKSI LIMIT TRANSAKSI SOBATKU PREMIUM
1. Maksimum Saldo Rp20.000.000 Rp100.000.000
2. Menabung/Top-up
Minimum nominal top-up per transaksi Rp10.000 Rp10.000
3. Transfer sesama SOBATKU
Minimum nominal transfer per transaksi Rp1.000 Rp1.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 30 30
Maksimum frekuensi transfer per bulan 300 300
Maksimum total nominal transfer per hari Rp50.000.000 Rp50.000.000
4. Transfer ke Rekening Bank
Minimum nominal transfer per transaksi Rp10.000 Rp10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp5.000.000 Rp5.000.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 10 10
Maksimum total nominal transfer per hari Rp15.000.000 Rp25.000.000
5. Transfer BI-FAST
Minimum nominal transfer per transaksi Rp5.000 Rp5.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp20.000.000 Rp100.000.000
Maksimum frekuensi transfer per hari 10 10
Maksimum total nominal transfer per hari Rp20.000.000 Rp100.000.000
6. Transfer SKN
Minimum nominal transfer SKN per transaksi Rp50.000
Maksimum nominal transfer SKN per transaksi Rp100.000.000
Maksimum total nominal transfer SKN per hari Rp100.000.000
Maksimum total nominal transfer SKN per bulan Rp400.000.000
Maksimum frekuensi transfer SKN per hari 1
Maksimum frekuensi transer SKN per bulan 4
7. Transfer ke No HP
Minimum nominal transfer per transaksi Rp10.000 Rp10.000
Maksimum nominal transfer per transaksi Rp1.000.000 Rp1.000.000
8. Setor tunai ALFA
Minimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi Rp50.000 Rp50.000
Maksimal nominal setor tunai di toko Alfa per transaksi Rp1.000.000 Rp1.000.000
Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per hari 3 3
Maksimum frekuensi setor tunai di toko Alfa per bulan 90 90
Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per hari Rp3.000.000 Rp3.000.000
Maksimum total nominal setor tunai di toko Alfa per bulan Rp90.000.000 Rp90.000.000
9. Tarik tunai ALFA
Minimal nominal tarik tunai di toko  Alfa per transaksi Rp50.000 Rp50.000
Maksimal nominal tarik tunai di toko Alfa per transaksi Rp500.000 Rp500.000
Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per hari 3 3
Maksimum frekuensi tarik tunai di toko Alfa per bulan 90 90
Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per hari Rp1.500.000 Rp1.500.000
Maksimum total nominal tarik tunai di toko Alfa per bulan Rp45.000.000 Rp45.000.000
Limit-limit transaksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh SOBATKU.

 

TENTANG SALDO
Saldo Simpanan yang tersimpan dalam rekening SOBATKU :

    1. Merupakan Simpanan yang tunduk kepada Undang-Undang tentang Perkoperasian dan peraturan pelaksanaannya.
    2. Tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan.
    3. Pengguna dapat melakukan cek saldo melalui aplikasi SOBATKU dan mengunduh atau mengirimkan histori transaksi finansial melalui email.
    4. Pengguna mendapatkan bunga atas saldo simpanan yang ada pada SOBATKU dan bunga akan dibayarkan setiap tanggal 1 (satu).
    5. Saldo dalam rekening SOBATKU dapat melebihi batasan yang ada sesuai ketentuan (pada Bagian 3 mengenai Informasi Pengguna) sepanjang hal tersebut terjadi karena pengembalian dana tolakan milik Pengguna SOBATKU (transaksi transfer ke nomor handphone yang belum terdaftar sebagai Pengguna SOBATKU dimana dalam jangka waktu 7 hari nomor tersebut juga belum terdaftar), atau akibat pembayaran bunga oleh SOBATKU.

TENTANG PIN

    1. PIN (Personal Identification Number) diperlukan untuk melakukan transaksi sebagai keabsahan atau verifikasi bahwa transaksi benar-benar dilakukan oleh P
    2. PIN dapat diganti atau di-reset oleh Pengguna melalui aplikasi SOBATKU pada menu Ubah PIN.
    3. Untuk proses ganti PIN, kode verifikasi pembuatan PIN baru akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP Pengguna yang telah didaftarkan pada saat aktivasi.
    4. Apabila Pengguna lupa alamat email, dapat menghubungi Kontak Sahabat : 1500218
    5. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan sepenuhnya bertanggungjawab atas penggunaan layanan SOBATKU.

BIAYA LAYANAN

    • Berikut ini biaya-biaya yang dikenakan pada aplikasi SOBATKU:
      No FITUR BIAYA TRANSAKSI
      1. Menabung/Top-up melalui
      ATM/Internet Banking Bank Sahabat Sampoerna Rp0
      ATM/M-Banking/Internet Banking Jaringan Prima/Bersama Sesuai biaya transfer jaringan prima/bersama
      2. Transfer ke Rekening Bank
      Tujuan Bank Sahabat Sampoerna Rp0
      Tujuan Bank Jaringan Prima Rp6.500
      3. Transfer BI-FAST Rp2.500
      4. Transfer SKN Rp2.900
      5. Transfer Sesama SOBATKU Rp0
      6. Transfer ke No HP Rp0
      7. Setor tunai ALFA (Disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat)** Rp5.000
      8. Tarik tunai ALFA (Disesuaikan dengan biaya transaksi Loket Sahabat)** Rp5.000
      9. Pembayaran Biller
      Pembayaran PLN Listrik* Rp1.000
      Pembayaran PLN Non Tagihan Listrik* Rp1.000
      Pembayaran Telkom (Telepon Rumah) Rp1.000
      Pembayaran Internet Speedy Rp1.000
      Pembayaran PDAM Rp500 – Rp5.100
      Pembayaran TV Berbayar Rp0 – Rp1.000
      Pembayaran HP Pasca Bayar Rp0 – Rp1.000
      Pembayaran Net 1 Rp0
      Pembayaran KAI Rp5.000
      Pembayaran BPJS kesehatan Rp2.500
      Top Up E-Wallet
      Gopay Rp1.100 – Rp3.300
      OVO*** Rp0
      LinkAja Rp1.000 – Rp2.000
      DANA Rp1.000
      ShopeePay Rp1.000 – Rp1.100
      Pembelian Pulsa
      Telkomsel Rp0 – Rp2.000
      Telkomsel Data Rp0
      Indosat Rp0 – Rp1.000
      XL Rp0 – Rp2.000
      XL Data Hotroad Rp0
      Smartfren Rp0 – Rp1.000
      Three Rp0 – Rp1.000
      10. Biaya Admin Bulanan** Rp500/Bulan
      11. Biaya Dorman** Rp10.000/Bulan
      12. Simpanan Berjangka
      Biaya penalty simpanan berjangka 0,5 % dari pokok nominal simpanan
      berjangka yang dicairkan
      Penghasilan bunga sampai dengan Rp240.000 atas simpanan berjangka Pajak 0 %
      Penghasilan bunga lebih dari Rp240.000 atas simpanan berjangka Pajak 10 %
      *) Harga biaya admin efektif per-4 Oktober 2022    
      **)Harga biaya admin efektif per-6 Januari 2023    
      ***) Saldo OVO akan dipotong sebesar Rp1.500 pada Aplikasi OVO
    • Biaya isi saldo melalui jaringan ATM Bersama/ALTO/PRIMA akan dibebankan oleh Bank pengirim dan besarnya ditentukan oleh bank pengirim tersebut.
    • Biaya-biaya transaksi diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahan akan diinformasikan melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Sahabat UKM.

PEMBLOKIRAN REKENING

  1. Rekening/Akun SOBATKU dapat terblokir (non-aktif):
    • Apabila Pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut.
    • Apabila diminta oleh Pengguna.
    • Apabila perlu dilakukan oleh Sahabat UKM baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna atas suatu alasan tertentu.
  2. Untuk Rekening SOBATKU yang terblokir, maka Pengguna:
    • Tidak dapat melakukan transaksi finansial.
    • Tidak dapat melakukan tarik tunai atau transaksi pendebetan lainnya.
    • Dapat diaktifkan kembali (buka blokir).
  3. Sahabat UKM berhak untuk memblokir rekening SOBATKU milik Pengguna secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan dalam hal terjadi salah satu kejadian sebagai berikut:
    • Atas permintaan otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
    • Apabila Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU menurut kebijakan Sahabat UKM semata-mata.
    • Apabila Pengguna memberikan informasi yang tidak benar atau menyesatkan pada saat registrasi SOBATKU.
    • Apabila terdapat dugaan penyalahgunaan SOBATKU untuk kegiatan yang melanggar hukum.
  4. Pembukaan atas rekening yang diblokir yang sementara dapat dilakukan melalui Kontak Sahabat : 1500218.
    • Rekening SOBATKU tidak terblokir secara permanen; atau
    • Disetujui oleh Sahabat UKM.
  5. Bagi rekening SOBATKU yang telah ditutup:
    • Data informasi Pengguna akan disimpan dalam arsip elektronik dalam jangka waktu sesuai ketentuan yang berlaku.
    • Tetap harus tunduk pada Syarat dan Ketentuan Simpanan.

PENUTUPAN DAN PENGEMBALIAN

  1. Pengguna dapat mengajukan permohonan penutupan rekening SOBATKU dan pengembalian dana melalui Kontak Sahabat :
  2. Ketentuan mengenai penengembalian / penarikan dana mengacu kepada kebijakan dan ketentuan Sahabat UKM yang berlaku.
  3. Rekening SOBATKU yang telah ditutup secara permanen tidak dapat diaktifkan kembali dan Pengguna tidak dapat mengakses layanan SOBATKU.
  4. Apabila di kemudian hari Pengguna berkeinginan untuk membuka rekening SOBATKUkembali, maka pengguna harus registrasi dengan nomor handphone yang

BATAS PERTANGGUNG JAWABAN

  1. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data Pengguna, Pengguna wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi data Pengguna yang dimilikinya (antara lain tidak terbatas pada nomor HP yang digunakan, PIN atau data lainnya yang diberikan oleh Pengguna/diterima oleh Pengguna terkait untuk pelaksanaan transaksi) maupun segala aktivitas/transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dan tidak memberitahukannya kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi data akun yang dimilikinya.
  2. Pengguna wajib menjaga Nomor HP miliknya dari antara lain kehilangan/kerusakan, mencegah agar Nomor HP miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan.
  3. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa KSP Sahabat Mitra Sejatitidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut (tetapi tidak terbatas pada):
    • Kehilangan atau kerusakan HP/smartphone/perangkat telekomunikasi, maupun nomor HP.
    • Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan SOBATKU yang terindikasi melanggar hukum dan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
    • Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan atau terdapat gangguan yang terkaitakibatkeadaan kahar (force majeure)seperti yang tertera pada pasal keadaan kahar (force majeure).
  4. Apabila Pengguna kehilangan smartphone, baik karena dicuri, hilang, atau sebab apapun, Pengguna wajib menghubungi Kontak Sahabat : 1500218 dalam jangka waktu 1×24 jam untuk melakukan pemblokiran rekening Simpanan Online Sahabatku (SOBATKU). Pengguna  dengan ini membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala risiko dan akibat yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan kehilangan Nomor HPatau nomor HP alternatif tersebut maupun kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ayat ini dan karenanya hal tersebut menjadi risiko dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna.
  5. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui aplikasi SOBATKU merupakan milik Sahabat UKM sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia, dan karenanya penggunaan layanan yang terdapat pada aplikasi SOBATKU ini tidak dapat dianggap sebagai pengalihan hak kepemilikan kepada P
  6. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui penggunaan layanan SOBATKU, tunduk pada termasuk tapi tidak terbatas pada syarat dan ketentuan penggunaan SOBATKU, maupun ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia dari waktu ke waktu tentang Simpanan.
  7. Sahabat UKM atas pertimbangannya sendiri berhak untuk menutup akun pengguna tanpa menginformasikan alasan ataupun penyebab ditutupnya akun tersebut.
  8. Pengguna dengan ini wajib melakukan pengecekan dan memastikan segala informasi data yang di-input pada saat melakukan transaksi adalah benar. Oleh karenanya, Pengguna membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan dan atau ganti kerugian dari Pengguna maupun  pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian penggunaan.
  9. Apabila transaksi telah selesai, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetuji bahwa transaksi TIDAK DAPAT dibatalkan dengan alasan dan apapun dan transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi data yang telah di-input oleh P
  10. Pengguna dapat dikenakan biaya-biaya tertentu terkait dengan penggunaan layanan SOBATKU kepada Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Sahabat UKM, termasuk namun tidak terbatas pada biaya transaksi, biaya SMS (short message service), dan biayalainnya yang akan diinformasikan kepada Pengguna melalui media komunikasi yang digunakan untuk produk Simpanan Sahabat. Penggunaan layanan aplikasi SOBATKU menggunakan fasilitas layanan data, oleh karenanya pengguna akan dikenakan tarif akses data yang fasilitas, biaya dan ketentuan penggunaannya diatur oleh operator selular yang digunakan oleh Pengguna.

KEADAAN KAHAR (FORCE MEJEURE)

  1. Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini oleh Sahabat UKM, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU apabila hal tersebut terjadi karena keadaan diluar kendali Sahabat UKM (force majeure), termasuk tapi tidak terbatas pada:
    • Bencana alam.
    • Peristiwa kebakaran, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya.
    • Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan jasa telekomunikasi.
    • Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat memberikan jasa telekomunikasi.
  2. Pengguna akan membebaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, jika Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Sahabat UKM, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem transfer atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM (KEMENKOP) atau lembaga berwenang lainnya.
  3. Setelah kejadian yang menyebabkan Sahabat UKM tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, Sahabat UKM akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Koperasi (KEMENKOP).
  4. Terkait peningkatan, perubahan, perbaikan dan atau pemeliharaan jaringan (network) dari sisi backend yang mengakibatkan aplikasi tidak dapat digunakan dan sudah terencana, pihak Sahabat UKM akan memberitahukan sebelum dilakukannya pemeliharaan.

KEAMANAN DAN KERAHASIAAN TRANSAKSI

  1. Sahabat UKM peduli pada keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat melakukan transaksi dengan SOBATKU. Oleh karena itu, Sahabat UKM memiliki sistem keamanan pada saat Pengguna melakukan transaksi untuk memberikan kepastian kepada Pengguna bahwa transaksidan informasi Pengguna aman.
  2. Sahabat UKM menggunakan server yang aman untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi P Seluruh informasi yang bersifat sensitif dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) antar server dan data tersebut hanya dapat diakses oleh petugas yang memiliki otorisasi khusus dan diharuskan untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi-informasi tersebut.
  3. SOBATKU dilengkapi dengan fitur One Time Password (OTP) untuk setiap transaksi pembayaran dan transfer oleh Pengguna yang berguna untuk keamanan transaksi yang dilakukan pengguna serta memastikan bahwa transaksi benar dilakukan oleh Pengguna akun SOBATKU bukan orang lain.
  4. Pengguna SOBATKU wajib menjaga simcardatas nomor handphone Pengguna danharus terjaga agar tidak hilang.
  5. Pengguna SOBATKU wajib meregistrasikan simcardtersebut dengan memasukan data pribadi yang benar dan sesuai kartu identitas Pengguna (KTP/SIM/NPWP).
  6. Dalam hal Sahabat UKM terbukti secara hukum menyebabkan terjadinya kegagalan dalam perlindungan data Nasabah yang menyebabkan kerugian bagi Nasabah, maka Sahabat UKM akan bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Sehubungan dengan pelaksanaan transaksi yang dilakukannya, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan penggunaan SOBATKU ini.
  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnyaterhadap nomor HP dan nomor HP alternatif yang berada dibawah penguasaannya dan kerahasiaan informasi data miliknya terkait untuk penggunaan layanan SOBATKU.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala penggunaan layanan SOBATKU, termasuk tapi tidak terbatas pada setiap risiko dan/atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna dan/atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan layanan SOBATKU.
  4. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa data-data yang diberikan/diisi pada saat pengguna melakukan registrasi adalah benar dan lengkap serta memastikan bahwa informasi yang diberikan tersebut adalah informasi terkini
  5. Segala dokumen yang telah diserahkan kepada Sahabat UKM baik berupa hardcopy ataupun softcopy akan didokumentasikan oleh Sahabat UKM merupakan milik Sahabat UKM sehingga tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  6. Pengguna dengan ini bersedia dan memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk memberikan informasi terkait produk Sahabat UKM dan afiliasinya pada jam kerja Sahabat UKM.
  7. Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada Sahabat UKM untuk mengalihkan layanan SOBATKU ke badan hukum sejenis lainnya, apabila diperlukan. Untuk melaksanakan hal tersebut, Pengguna bersedia untuk menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan baik secara elektronik mapun secara hardcopy.
  8. Pengguna setuju untuk membebaskan dan melepaskan Sahabat UKM dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian dari pihak manapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan pernyataan dan jaminan ini.

POIN DAN UNDIAN
UNDIAN DAN HADIAH

Nominal hadiah undian SOBATKU adalah sebagai berikut:

  1. Rp 100.000.000
  2. Paket Ibadah Umrah senilai @Rp 25.000.000
  3. Rp 10.000.000
  4. Rp 5.000.000
  5. Rp 1.000.000
  6. Rp 500.000
  7. Rp 100.000

 

Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan jumlah hadiah setiap nominal hadiah, dan jadwal undian SOBATKU dapat dilihat di www.sobatku.co.id/undian